Ciptakan Pilgub Bebas Covid-19, KPU Mentawai Ikuti Protokol Kesehatan


Senin, 06 Juli 2020 - 23:09:30 WIB
Ciptakan Pilgub Bebas Covid-19, KPU Mentawai Ikuti Protokol Kesehatan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Swab Test, Senin (06/07) di Pelabuhan Tuapejat.

HARIANHALUAN.COM - Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Swab Test, Senin (06/07) di Pelabuhan Tuapejat.

Ketua KPU Mentawai Eki Butman kepada wartawan usai pengambilan spesimen swab test tersebut mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memastikan petugas penyelenggara Pilgub di Kepulauan Mentawai bebas dari penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Uji swab ini merupakan salah satu dari ketaatan atau kepatuhan kami sebagai penyelenggara dalam mengikuti tahapan Pilgub 2020, dimana tahapan tersebut mewajibkan kepada seluruh penyelenggara untuk mengikuti protokol kesehatan salah satunya rapid test atau swab test," terang Eki.

Pada pengambilan swab pertama kata Eki dilakukan sebanyak 24 orang, antara lain 5 orang Komisioner dan 19 orang staf KPU Mentawai, dimama masing-masing pengambilan swab test dilakukan sebanyak 2 kali.

"Kegiatan ini dilakukan sebelum kegiatan verifikasi dilaksanakan, yaitunya pengambilan rapid test kepada verifikator yang melakukan verifikasi terhadap calon perseorangan, kami berterimakasih kepada pihak Pemerintah yang melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis, muda-mudahan hasilnya negatif," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya bagi penyelenggara yang tidak melaksana protokol kesehatan dalam hal ini rapid test atau swab test, maka yang bersangkutan tidak diizinkan melakukan kegiatan di lapangan.

"Bagi teman-teman yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, maka tidak kita berikan ruang gerak untuk melakukan kegiatan di lapangan dan yang bersangkutan cukup di kantor saja," pungkasnya.

Di tempat yang sama Divisi Hukum KPU Mentawai Maria Delfi menyebutkan hal senada, dimana seluruh penyelenggara diwajibkan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan edara KPU nomor 20 Tahun 2020.

Sementara itu Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fernando Gultom menyebut bagi penyelenggara di tingkat pps dan ppk yang tidak mematuhi protokol kesehatan pihaknya tidak segan-segan melakukan PAW.

"Mari kita jadikan Pemilu yang aman dari penyebaran virus corona, jangan sampai ada tudingan, kita yang selama ini aman-aman saja, karena tahapan pemilu, KPU membawa virus corona, karena seluruh penyelenggara akan melakukan interaksi dengan masyarakat, tentu ini diminta kesadaran dari diri masing-masing," timpal Divisi Teknis KPU Mentawai Iswanto.

Masih di tempat yang sama Kadinkes Mentawai yang juga selaku Jubir penanganan Covid-19 mengimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini, khususnya bagi pelaku perjalanan. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]