Duh, Warga Datangi RSUD Mataram Untuk Ambil Paksa Jenazah Pasien Positif Corona


Senin, 06 Juli 2020 - 23:30:36 WIB
Duh, Warga Datangi RSUD Mataram Untuk Ambil Paksa Jenazah Pasien Positif Corona : Sejumlah warga menggeruduk RSUD Mataram untuk mengambil paksa jenazah pasien Corona

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga mendatangi RSUD Mataram di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka datang untuk mengambil paksa jenazah pasien Corona (COVID-19).

Kasat Reskrim Polresta Mataram, AKP Kadek Ade Budi, membenarkan peristiwa tersebut terjadi pada Senin (6/7/2020) malam ini. Warga memaksa membawa jenazah karena tidak percaya hasil swab tes pasien Corona tersebut.

"Dari keluarga (datang) memang supaya akhirnya (jenazah pasien) dipulangkan ke rumah duka untuk dimakamkan tapi tanpa protokol kesehatan. Dari pihak keluarga tidak percaya kalau hasil swab jenazah tersebut terindikasi terpapar COVID," kata AKP Kadek saat dimintai konfirmasi.

"Dari hasil swab, keterangan dari RS Mataram positif," tambahnya

Dia mengatakan pihak RSUD terpaksa menyerahkan jenazah pasien tersebut untuk menghindari kericuhan. Saat ini jenazah tersebut telah dibawa warga yang datang.

"Sudah diserahkan. Karena tadi massa banyak banget dan tidak terkendali. Dari pihak RS tidak mau mengambil risiko. Jadi mereka hanya menyiapkan surat penolakan bahwa dari pihak keluarga menolak penanganan jenazah tersebut menggunakan protokol COVID," ujarnya.

Kadek meminta masyarakat secara umum untuk tidak melakukan hal serupa. Sebab, COVID-19 merupakan penyakit menular. Dia meminta masyarakat mengikuti imbauan pemerintah demi kepentingan yang lebih luas.

"Memang kita juga harapkan masyarakat bisa memahami kebijakan pemerintah, dengan memikirkan kepentingan masyarakat secara luas. Kami meminta masyarakat harus ikuti RS, karena RS juga perwakilan negara," ucap dia.
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]