Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona


Selasa, 07 Juli 2020 - 10:43:31 WIB
Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of internal Medicine, sebanyak 45 persen kasus virus corona atau COVID-19, mungkin tidak menunjukkan gejala. Itulah sebabnya, sangat sulit untuk mengendalikan penyebaran virus ini. 

Penelitian ini juga menyoroti bahwa mereka yang tidak menunjukkan gejala COVID-19 (OTG), dapat tetap menularkan selama lebih dari 14 hari. Yang berarti, mereka mungkin dapat menularkan virus ke orang lain untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Sederhananya, pembawa asimptomatik atau orang tanpa gejala (OTG), dapat dengan mudah menginfeksi orang lain. Bahkan, dengan mencemari benda-benda rumah tangga, dengan meninggalkan viral load, demikian menurut Times of India.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hotspot COVID-19 di rumah kamu sendiri. Jika kamu atau anggota keluargamu merasa tidak sehat atau curiga bahwa kamu mungkin telah tertular virus. Bahkan, jika kamu rajin membersihkan permukaan yang sering disentuh di dalam rumahmu. Tapi, mungkin saja kamu tidak mengetahui tempat-tempat lain yang berpotensi terkontaminasi. 

Bahkan jika kamu teratur membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh, termasuk gagang pintu, keran, wastafel, dan permukaan meja, ada satu area yang mungkin kamu lewatkan. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology, ditemukan bahwa ada tiga tempat yang paling terkontaminasi di kamar pasien COVID-19 yang dikonfirmasi di China. Ini termasuk sprei, bantal, dan tempat tidur. Yang lebih mengejutkan adalah, padahal kamar dibersihkan dan didisinfeksi dua kali sehari. 

Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengganti sprei dan sarung bantal lebih sering dari biasanya. Terutama, jika ada seseorang di luar anggota keluargamu yang bermalam di rumahmu. 

Oleh karena itu, selain menyimpan alas kaki dan segera mengganti pakaian setelah keluar rumah, pertimbangkan untuk mencuci sarung bantal setiap hari dan sprei minimal dua kali seminggu. 

Ingat, meskipun tidak ada aturan yang keras untuk membersihkan tempat tidur. Tidak ada yang salah jika kamu lebih berhati-hati selama pandemi COVID-19 ini. Terutama, jika ada tamu yang datang ke rumah. (*)

loading...
 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 23:26:46 WIB

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia HARIANHALUAN.COM - Hati-hati untuk usia 60 tahun ke atas, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat bahwa fatalitas tertinggi terjadi pada pasien virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) yang berumur lanjut usia (lansia). Selain itu.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 22:15:44 WIB

    Hati-hati, Kasus Tanpa Gejala Banyak Ditemukan di Klaster Baru Covid-19

    Hati-hati, Kasus Tanpa Gejala Banyak Ditemukan di Klaster Baru Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Gelombang wabah corona kembali membuat sejumlah negara berlakukan kebijakan lockdown. Kian banyak bukti menunjukkan bahwa mereka yang tampak sehat sebenarnya membantu sebarkan virus..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 09:32:55 WIB

    Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung

    Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung HARIANHALUAN.COM - Ayah Ivan Gunawan, Bambang Cahyo Gunawan dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung pada Minggu (12/7/2020) pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal dunia.
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:13:32 WIB

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak HARIANHALUAN.COM - Makin banyak bukti, virus corona SARS-CoV-2 tidak hanya menyerang saluran pernafasan dan paru-paru, melainkan juga organ lainnya. Virus corona bisa menyerang berat jantung, pembuluh darah, saraf, ginjal ata.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:48:05 WIB

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer HARIANHALUAN.COM - Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya Anda selalu berniat menyimpan banyak makanan agar tak keluar rumah. Nah, Anda tentu mengandalkan kulkas untuk menyimpan segala jenis makanan favorit..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]