Kabar Baik, Zona Hijau Covid-19 di Sumbar Boleh Gelar Belajar Tatap Muka


Selasa, 07 Juli 2020 - 16:15:43 WIB
Kabar Baik, Zona Hijau Covid-19 di Sumbar Boleh Gelar Belajar Tatap Muka Diskusi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan Kepala Daerah di Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melakukan evaluasi terhadap Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNB-PAC19). Evaluasi tersebut meliputi, sektor pariwisata, sektor ekonomi dan sektor pendidikan. Sektor pendidikan termasuk salah satu sektor penting pada masa TNBPAC, apalagi tahun ajaran akan segera dimulai 13 Juli mendatang.

Di sela-sela kegiatan Vidcon Evaluasi TNBPAC-19 dengan seluruh Bupati/Walikota se Sumatera Barat di ruang kerja Gubernur, kemarin, yang dihadiri oleh Wakil Gubernur, Asisten III, Kadis Pariwisata Sumbar, Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, serta Perwakilan Dinas Kesehatan, Gubernur menjelaskan bahwa berdasarkan 15 indikator yang dikeluarkan oleh BNPB yaitu mengenai zona, yang terdiri zona merah, orange, kuning dan hijau. 

Dari 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat, yang termasuk kategori zona hijau adalah Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Sawahlunto dan Pasaman Barat. "Yang boleh membuka sekolah adalah zona hijau, dengan ciri zona hijau adalah tidak ada pertambahan positif dalam satu bulan terakhir, jika ada yang positif persentase kesembuhan 100 persen serta juga tidak ada kematian dalam satu bulan," ungkap Gubernur.

Dari enam kabupaten dan kota zona hijau yang akan membuka sekolah pada tahun ajaran baru nanti, hanya kabupaten Lima puluh Kota dan kota Payakumbuh menunda sementara dan melihat perkembangan lebih lanjut. Sedangkan Pesisir Selatan, Sawahlunto, Pariaman serta Pasaman Barat menerapkan sistem pembelajaran campuran, yakni tatap muka dan tatap maya.

Selain itu, tambah Gubernur, pembelajaran nanti akan dilakukan dengan empat metode yakni; tatap muka ala new normal, tatap maya, campuran tatap maya dan tatap muka, dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) luring, PJJ luring diperuntukkan untuk daerah yang tidak ada sinyal, tidak ada listrik serta blank spot.

"Masyarakat kita masih belum disiplin, kita minta terus kepada bupati dan walikota untuk mengedukasi, mensosialisasikan agar masyarakat disiplin. Tugas berat kita adalah mendisiplinkan itu," ujar Gubernur. 

Di akhir sesi wawancara Gubernur mengimbau kepada semua masyarakat untuk selalu disiplin dengan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:11:37 WIB

    Kabar Gembira! Menteri Nadiem Siap Perjuangkan Paket Data untuk Siswa

    Kabar Gembira! Menteri Nadiem Siap Perjuangkan Paket Data untuk Siswa HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan akan terus memperjuangkan ketersediaan akses paket data dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, Nadiem juga menyebut dirinya tidak.
  • Jumat, 17 April 2020 - 15:00:21 WIB

    Ada Kabar Gembira buat Guru Honorer, Cek di Sini Kuy!

    Ada Kabar Gembira buat Guru Honorer, Cek di Sini Kuy! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pencairan gaji guru honorer yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dipermudah selama pandemi virus Corona (COVID-19). Kemendikbud menghapus ketentuan Nomor Unik Pendidik dan Ten.
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:36:47 WIB

    Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor

    Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah membuka program beasiswa unggulan yaitu "Integrated Master-Doctor (IMD)” atau Program Magister Lanjut Doktor Luar Negeri. P.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 16:37:50 WIB

    Kabar Baik! Aplikasi Pelacak Corona Buatan PNP Sudah Bisa Didownload

    Kabar Baik! Aplikasi Pelacak Corona Buatan PNP Sudah Bisa Didownload PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tim Techno Center Politeknik Negeri Padang (PNP) menciptakan aplikasi Rekam Jejak Covid-19 yang bisa digunakan untuk melacak penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Sumbar. Bahkan saat ini aplikas.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 18:08:30 WIB

    Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP

    Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka kesempatan kepada seluruh lulusan SMA atau sederajat yang berminat mendaftar menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Kesempatan tersebut berla.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]