Pemkab Dharmasraya Jangan Terlena dengan Covid-19, Ingat juga Ada KLB DBD


Selasa, 07 Juli 2020 - 16:31:06 WIB
Pemkab Dharmasraya Jangan Terlena dengan Covid-19, Ingat juga Ada KLB DBD Warga Komplek Gunung Sari, Gunung Medan, sudah mulai membersihkan saluran air yang sudah mulai tersumbat. Maryadi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya diminta tidak terlena dengan Covid-19, sementara kasus DBD sudah mulai mengintai. "Kita minta Pemkab Dharmasraya jangan terlena dengan virus ini dengan mengabaikan kasus lainnya yang berbahaya terhadap nyawa manusia," kata anggota Komisi III Bidang Kesra, Raden Awaludin DPRD Dharmasraya kepada harianhaluan.com.

Dikatakannya, kalau dilihat data kasus DBD saat ini dan cuaca mulai musim hujan sangat rawan terhadap penyakit yang berasal dari nyamuk, untuk itu drainase atau saluran air harus bersih dan lancar. Dia minta Camat sampai ke Jorong sudah saatnya untuk mengajak masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air, terutama di perumahan yang umumnya saluran air macet.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, dr. Rahmadian S yang dikonfirmasi menyebutkan, untuk kasus DBD di Dharmasraya sudah lama dinyatakan Keadaan Luar Biasa (KLB). "Sebelum Covid-19, Dharmasraya sudah menyatakan KLB, surveilance jalan terus," kata Rahmadian.

Dengan sudah dinyatakan KLB, ulasnya, yang diagnosanya DBD semuanya dibiayai Pemda jika dirawat. Dia memaparkan, data DBD Januari sampai Maret berjumlah 97 orang, sedangkan April sampai Juni tidak ada kasus DBD, namun demikian pemerintah bersama masyarakat tetap waspada. "Dinas Kesehatan siap membantu masyarakat melakukan penyemprotan atau pengasapan," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]