Sutan Riska Minta Pedagang Pasar harus Perhatikan Faktor Higienis


Selasa, 07 Juli 2020 - 16:51:35 WIB
Sutan Riska Minta Pedagang Pasar harus Perhatikan Faktor Higienis Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat menghadiri peresmian bangunan baru Pasar Tradisional Mayang Taurai, di Nagari Koto Gadang,  Kecamatan Koto Besar, Selasa (7/7/2020).

HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan meminta pedagang pasar di daerah itu agar lebih serius memperhatikan faktor higienis barang dagangannya. Disamping akan menambah minat calon pembeli, langkah itu merupakan salah satu upaya memelihara sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi saat ini.

Hal tersebut diungkapnya saat meresmikan salah satu bangunan baru pasar tradisional di daerah itu, Pasar Mayang Taurai di Nagari Koto Gadang,  Kecamatan Koto Besar, Selasa (7/7/2020). Menurutnya, bangunan pasar tersebut didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, dengan total anggaran sebesar Rp1,2 miliar untuk membangun dua unit los baru bagi pedagang. 

Dia mengatakan, salah satu upaya pihaknya dalam memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan masyarakat Kabupaten Dharmasraya adalah dengan meningkatkan infrastruktur penunjang seperti revitalisasi bangunan pasar, sarana prasarana jalan dan sebagainya. "Kesemuanya diharapkan mampu memberikan efek positif bagi aktifitas ekonomi masyarakat, sehingga lebih berdaya saing yang keseluruhannya bermuara pada meningkatnya aktivitas ekonomi mikro," ulasnya. 

Perputaran uang dalam tingkat lokal bisa bertambah dan akan menjadi stimulasi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum. 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan menyiapkan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk menggencarkan program pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional dalam lima tahun ke depan. 

Program ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan selama pemerintahannya pada periode pertama. Menurut Kepala Negara, pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional diperlukan untuk mendukung kenyamanan kegiatan belanja masyarakat. Dengan begitu, aktivitas perdagangan domestik di pasar tradisional kian nyaman dan kondusif.

"Saya kira pasar sebagai sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli, produk-produk dari petani, nelayan, perajin. Pasar-pasar di seluruh Indonesia memang harus hidup," ungkap Jokowi dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 14:25:35 WIB

    Dewi Sutan Riska Imbau Kader Posyandu Agar Berperan Cegah Penularan Covid-19

    Dewi Sutan Riska Imbau Kader Posyandu Agar Berperan Cegah Penularan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Dewi Sutan Riska, meminta para Kader Posyandu dan Kader Dasawisma ikut berperan dalam pencegahan penul.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 17:49:51 WIB

    Dewi Sutan Riska: Hidup Sehat Kunci Selamat dari Covid-19

    Dewi Sutan Riska: Hidup Sehat Kunci Selamat dari Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Dewi Sutan Riska, menegaskan menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu kunci agar selamat dar.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 18:55:18 WIB

    Masa New Normal, Dewi Sutan Rizka Minta Pelayanan Posyandu Tetap Berjalan

    Masa New Normal, Dewi Sutan Rizka Minta Pelayanan Posyandu Tetap Berjalan HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Riska meminta pelayanan Posyandu sebagai salah satu pilar menjaga kesehatan ibu dan anak tetap berjalan ses.
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 19:55:14 WIB

    Sutan Riska Ingatkan Walinagari Sikapi BST dengan Bijak

    Sutan Riska Ingatkan Walinagari Sikapi BST dengan Bijak HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, meminta seluruh walinagari atau kepala desa adat setempat bisa bertindak bijak dalam menyikapi penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 yang berasal dari Dana.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 21:43:44 WIB

    Dewi Sutan Riska Raih Predikat Bunda GenRe Sumbar 2020

    Dewi Sutan Riska Raih Predikat Bunda GenRe Sumbar 2020 HARIANHALUAN.COM - Memiliki kepedulian akan perkembangan dan peningkatan kualitas kaum milenial di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), mengantarkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]