Nakes yang Gugur Terus Bertambah, IDI Cabang Padang: Inilah Realita Pandemi Covid-19


Selasa, 07 Juli 2020 - 20:13:12 WIB
Nakes yang Gugur Terus Bertambah, IDI Cabang Padang: Inilah Realita Pandemi Covid-19 Afriwardi

HARIANHALUAN.COM - Kabar duka kembali datang dari dunia kesehatan Indonesia. Salah seorang putri terbaik bangsa, dr. Putri Wulan Sukmawati yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19, dikabarkan gugur, Minggu (5/7) malam. dr. Putri merupakan salah seorang dokter yang bertugas di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Meninggalnya dr. Putri Wulan Sukmawati menambah daftar panjang dokter dan tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal karena covid-19 di Indonesia.

Data yang dihimpun Ikatan Dokter Indonesia (IDI), jumlah dokter terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 88 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 dokter meninggal dunia karena COVID-19.

Gugurnya dr. Putri yang juga merupakan anggota IDI cabang Surabaya, menuai simpati dan rasa belasungkawa dari berbagai pihak, sejawat termasuk IDI cabang Padang.

Ketua IDI cabang Padang, Dr. dr. Afriwardi, SH, SpKO, MA mengungkapkan, nakes yang gugur merupakan realita pandemi covid-19 yang sebenarnya terjadi.

"Banyaknya nakes yang gugur, ini realita tentang pandemi covid-19. Ini sebuah resiko dari sebuah profesi yang memang punya konsekuensi. Semoga Allah ampuni mereka dan diterima amal jariahnya," ungkap dr. Afriwardi.

Lebih lanjut ia mengatakan covid-19 bisa fatal bagi kelompok yang memiliki comorbid.

"Covid-19 sepertinya tidaklah mematikan, namun bisa fatal bagi kelompok yang memiliki comorbid (memiliki riwayat penyakit penyerta)," sambungnya.

Ia mengimbau agar seluruh pihak turut mengintrospeksi diri dengan kejadian ini.

"Kedepan mari kita intropeksi diri dan pihak- pihak berkompeten lebih perhatian lagi, supaya kasus dapat diminimalkan. Mari kita bersama menjalankan protap kesehatan pencegahan penularan. Mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan. Kalau ini kita laksanakan berarti Covid 19 akan terdegradasi di lingkungan kita," imbaunya.

Penderita, sambungnya baik yang positif maupun yang tanpa gejala harus selalu harus tetap menjalankan prosedur pencegahan penularan Covid-19.

"Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan. Dan yang lebih penting kuatkan imunitas tubuh beserta iman," ungkapnya menutup. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]