Satu Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh


Selasa, 07 Juli 2020 - 20:42:56 WIB
Satu Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh Ilustrasi

HARIANHALUAN. COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi satu orang pasien Covid-19 asal daerah itu dinyatakan telah sembuh. 

"Pasien tersebut atas nama AA(63), jenis kelamin laki-laki berasal dari Kecamatan Asam Jujuhan, untuk selanjutnya akan dilakukan pengawasan oleh Puskesmas setempat selama 14 hari kedepan, " Kata Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, Selasa (07/07). 

Menurutnya, dengan sembuhnya "pasien 10" tersebut, maka total warga positif terpapar virus Covid-19 yang berhasil disembuhkan sudah berjumlah 20 orang dari total 22 orang yang terkonfirmasi positif. 

Menurutnya, dari hasil pengamatan pihak gugus tugas setempat, Kabupaten Dharmasraya dinilai sudah banyak memenuhi kriteria zona hijau, antara lain dengan tidak ditemukannya kasus positif baru selama 28 hari pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau new normal. 

"Namun karena kawasan ini merupakan daerah perlintasan antar provinsi maka pemantauan terus diperketat demi mempertahankan status zona hijau dan mengupayakan beberapa kecamatan yang masih belum berstatus zona hijau karena masih ada pasien yang masih dirawat dan belum dinyatakan sembuh, " Jelasnya. 

Untuk mendorong hal tersebut, pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar terus menerapkan standar protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru ditengah pandemi yang masih berlangsung. 

"Tingkat kesembuhan sudah diatas 90 persen, semoga seluruh PDP bisa dinyatakan sembuh dan tidak ada lagi masyarakat yang terpapar virus Covid-19 seperti yang masih terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Barat, " Harapnya. 

Sebelumnya, Terkonfirmasi sudah 28 hari tanpa adanya laporan kasus positif, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, berpotensi berada pada Zona Hijau pada penanggulangan penyebaran virus pandemi Covid-19, kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 setempat, dr Rahmadian, Kamis (02/07). 

"Kami mencatat tidak ada penambahan kasus baru hingga minggu keempat pelaksanaan tatanan kenormalan baru, atau New Normal," Ungkapnya, di Dharmasraya.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]