Tahun Ini, PNP Sediakan 775 Kuota Beasiswa KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru


Selasa, 07 Juli 2020 - 21:09:46 WIB
Tahun Ini, PNP Sediakan 775 Kuota Beasiswa KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) mendapatkan 775 kuota penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021. Kuota ini didapat dari 400.000 jumlah kuota yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Tahun ini, Politeknik Negeri Padang dapat kuota 775 KIP. Artinya, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mendapat KIP ini. Jadi calon pelamar ada sebagian yang lolos SBMPN dan SNMPN sudah terdaftar KIP. Di SBMPN ada 212 orang dan SNMPN 283. Jadi kuota KIP masih banyak tersisa," kata Direktur PNP, Surfa Yondri, Senin (7/7/2020).

Surya Yondri menjelaskan KIP adalah Kartu Indonesia Pintar yang merupakan program dari pemerintah saat ini. Kalau di perguruan tinggi disebut dengan KIP Kuliah, dimana dahulunya kerap dikenal dengan nama bidik misi namun sekarang disebut KIP. Karena KIP ini juga memiliki beberapa tingkatan.

"Lalu apa perbedaan KIP dengan bidik misi? Perbedaannya, kuota. Jadi kuotanya sangat banyak, terutama untuk peningkatan pendidikan vokasi," papar Surfa Yondri.

Surfa Yondri menyebutkan, Politeknik Negeri Padang termasuk dalam pengelola program KIP Kuliah. Pada tahun-tahun sebelumnya, PNP juga telah banyak berkontribusi pada program bidik misi. Bahkan kampus pendidikan vokasi ini menjadi pengelola bidik misi terbaik di Indonesia.

"Alhamdulillah dengan aktivitas teman-teman pengelola bidik misi di Politeknik, kita dilibatkan sebagai pengelola program terbaik di vokasi. Dampaknya, kuota bidik misi kita bertambah," ujar Surfa Yondri.

Surfa Yondri menuturkan, pada tahun 2019 kuota bidik misi di Politeknik Negeri Padang 875, jika dibandingkan tahun sebelumnya atau 2018 sebanyak 645, dan tahun 2017 hanya 185. Karena dari awal Politeknik sudah konsen mencari mahasiswa penerima bidik misi sebelum mereka terdaftar di Politeknik.

"Jadi memang dari proses pendaftaran itu kita bikin khusus. Lalu calon mahasiswa ini kita visit dari sekian banyak yang dikunjungi dan mereka diterima di Politeknik lewat jalur bidik misi. Strategi ini kita lakukan diperiode-periode sebelumnya," ucap Surya Yondri.

Sementara pada tahun 2020, kata Surfa Yondri, dengan melalui program KIP telah ada prosedur yang dilakukan oleh pihak Kementerian. Pelamar harus terlebih dahulu melakukan registrasi di website Kemendikbud dan ada sejumlah format dan persyaratan yang sudah diatur. Setelah itu, mereka bisa diterima sebagai penerima KIP Kuliah.

"Jadi setelah calon mahasiswa mengakses website itu, sehingga nanti mereka berhak menerima KIP Kuliah sesuai kuota yang diberikan kementerian kepada Politeknik Negeri Padang," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:39:06 WIB

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan aturan baru terkait cuti tahunan tenaga pendidikan. Pasalnya, tahun ini mulai dari PNS guru dan dosen diperbolehkan mengambil cuti tahunan. Ini terasa dengan PNS y.
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 06:03:45 WIB

    Jika Tak Diantisipasi, PNP Diprediksi Krisis SDM Lima Tahun ke Depan

    Jika Tak Diantisipasi, PNP Diprediksi Krisis SDM Lima Tahun ke Depan HARIANHALUAN.COM - Tantangan sangat besar yang bakal dihadapi Politeknik Negeri Padang (PNP) 5-7 tahun ke depan adalah pensiunnya sekitar 60 orang karyawan, terutama yang berstatus dosen. Untuk tahun 2021 saja, pimpinan PNP s.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:59:54 WIB

    Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun

    Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengatakan, Pengakuan Angka Kredit (PAK) Dosen Vokasi sedang digarap saat ini. Salah satu isinya, minimal sekali dalam 4 tahun dosen Politeknik harus ad.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 07:22:01 WIB

    Jurusan Administrasi Niaga PNP Jadi Primadona Lima Tahun Berturut-turut

    Jurusan Administrasi Niaga PNP Jadi Primadona Lima Tahun Berturut-turut HARIANHALUAN.COM - Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang, Primadona mengatakan, dalam 5 tahun terakhir peminat Prodi Administrasi Bisnis mengungguli seluruh prodi yang ada di Politeknik Negeri Padang dalam.
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 16:48:47 WIB

    Madrasah Gunakan Kurikulum PAI Baru di Tahun Ajaran 2020/2021

    Madrasah Gunakan Kurikulum PAI Baru di Tahun Ajaran 2020/2021 HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan bahwa madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]