5 Cara Menangkal Virus Penyakit di Kamar Hotel


Selasa, 07 Juli 2020 - 21:40:26 WIB
5 Cara Menangkal Virus Penyakit di Kamar Hotel Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Selain pesawat, virus penyakit seperti corona juga patut diwaspadai saat berada di tempat penginapan, baik itu hotel atau hostel.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa virus corona kemungkinan besar dapat menular melalui kontak antar manusia.

Tentu saja ada kemungkinan penularan virus melalui kontak dengan permukaan benda mati yang terkontaminasi, tetapi menurut CDC, itu "tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus".

"Virus dapat bertahan di permukaan benda mati selama berjam-jam hingga berhari-hari. Karena tidak diketahui siapa yang menempati ruangan sebelum Anda, ada baiknya melakukan pencegahan dengan menyeka permukaan yang disentuh dengan tisu desinfektan dan lebih sering mencuci tangan," kata Kelly A. Reynolds, seorang profesor dan ahli mikrobiologi lingkungan di University of Arizona, seperti yang dikutip dari The Points Guy pada Rabu (4/3).

Berikut sejumlah cara untuk menangkal virus penyakit seperti corona saat berada di tempat penginapan:

1. Cuci tangan

Setelah sampai kamar, ada baiknya langsung mencuci tangan di wastafel, karena kotoran bisa saja tertinggal di tangan setelah memencet lift sampai membuka pintu kamar.

Bagi yang tinggal di hostel, ada baiknya membawa tisu desinfektan atau cairan antiseptik.

2. Bawa alas tidur

Bantal, guling, dan kasur juga bisa menjadi sarang penyakit jika tidak dibersihkan secara rutin.

Tidak perlu paranoid, cukup letakkan syal atau pashmina di atas bantal yang ditiduri agar tak ada kontak langsung dengan bakteri yang ditinggalkan penghuni sebelumnya.

3. Lap permukaan

Tempat penginapan yang memiliki layanan petugas kebersihan pasti melakukan yang terbaik untuk menjaga kebersihan kamarnya.

Kalau masih kurang yakin dengan kebersihannya, lap permukaan yang bakal sering disentuh, seperti gagang pintu, gagang telepon, remote control, atau hair dryer, dengan tisu desinfektan.

4. Tas dan alas kaki

Jangan letakkan tas (terutama koper) dan alas kaki di atas kasur atau dekat dengan kasur, karena debu - dan mungkin juga kutu, bisa ikut naik ke tempat tidur.

5. Mandi dan baju tidur

Tidurlah dengan badan yang bersih dan baju yang bersih.

Jika biasanya hanya mandi di pagi hari dan cuci muka di malam hari, tidak ada salahnya mengubah kebiasaan dengan mandi di malam hari, terutama setelah berkegiatan di luar ruangan.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 22:10:52 WIB

    Agar Tak Alami Mimpi Buruk, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

    Agar Tak Alami Mimpi Buruk, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur HARIANHALUAN.COM - Mimpi buruk tidak hanya mengganggu siklus tidur kita tetapi mimpi buruk juga mengguncang kita sepenuhnya, khususnya jika kalian mengalaminya sebelum bangun..
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:28:26 WIB

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti HARIANHALUAN.COM - Ingin sarapan yang praktis dan cepat? Pilihan sebagian orang kerap jatuh pada roti. Bahan pangan satu ini dikenal fleksibel untuk beragam sajian. Kadang cukup dioles dengan selai atau sekadar dipanggang den.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:29:22 WIB

    5 Sneakers Keren yang Berkualitas dan Tahan Lama

    5 Sneakers Keren yang Berkualitas dan Tahan Lama HARIANHALUAN.COM - Sneakers selalu jadi kebutuhan yang tak pernah ketinggalan zaman. Bahkan model sneaker pria kini juga lebih variatif. Setiap orang setidaknya memiliki lebih dari satu sneaker, bisa dibilang sneakers menjad.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 19:59:52 WIB

    Kamu Pencinta Sneakers? Jangan Lewatkan 5 Produk Keren Ini

    Kamu Pencinta Sneakers? Jangan Lewatkan 5 Produk Keren Ini HARIANHALUAN.COM - Bagi kamu pecinta penampilan sporty baik laki-laki maupun perempuan sudah pasti tidak asing lagi kan dengan item fashion yang satu ini. Ya, sepatu sneakers. Modelnya yang casual cocok digunakan dalam berbag.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 15:04:06 WIB

    Butuh Duit? Coba 5 Pekerjaan Sampingan Ini, Cocok untuk Mahasiswa

    Butuh Duit? Coba 5 Pekerjaan Sampingan Ini, Cocok untuk Mahasiswa HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 telah melemahkan perekonomian masyarakat. Begitu juga mahasiswa, mereka harus tetap bertahan hidup di tempat kontrakan meski di tengah keterbatasan. Kendati demikian, kini.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]