Kapal Pesiar Pembawa Wisatawan Surfing di Mentawai Wajib Ikuti Protokol Kesehatan


Selasa, 07 Juli 2020 - 22:54:18 WIB
Kapal Pesiar Pembawa Wisatawan Surfing di Mentawai Wajib Ikuti Protokol Kesehatan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kapal pesiar yang mengangkut wisatawan surfing ke Kepulauan Mentawai wajib mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Di mana setiap kapal yang masuk ke Mentawai wajib melaporkan penumpangnya dan melakukan pemeriksaan kesehatan di beberapa titik layanan yang telah disediakan pemerintah setempat.

Hal tersebut dikatakan juru bicara bidang teknis percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serielie BW, Selasa (07/07) di Tuapejat, terkait kebijakan Pemkab Mentawai telah membuka sektor wisata sejak berlakunya aturan tatanan normal baru di Kepulauan Mentawai.

"Jadi seperti yang kita ketahui sejak dikeluarkannya aturan tatanan normal baru Pemkab Mentawai telah membuka sektor wisata khususnya wisatawan surfing, namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan, kalau tidak, maka kita tidak mengizinkan kapal tersebut masuk dan berselancar di spot surfing yang ada di Mentawai," timpalnya.

Ia menyebutkan masih ada kapal pesiar surfing yang datang ke Mentawai dan langsung menuju spot surfing tanpa singgah di pelabuhan untuk cek kesehatan, sehingga tidak terdeteksi oleh petugas, bahkan ada kapal yang datang tanpa melapor kepada pihak yang berwenang.

"Dalam waktu dekat kita akan menyurati pelaku wisata yakni kapal pesiar serta pihak resort, karena ternyata kapal pesiar ini dari Padang langsung ke Mentawai tanpa mematuhi aturan tatanan normal baru berdasarkan peraturan bupati tentang pelaksanaan tatanan normal baru Covid-19 di Kepulauan Mentawai," paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya bagi kapal pesiar pembawa wisatawan surfing ke Kepulauan Mentawai wajib singgah di salah satu pelabuhan yang ditetapkan pemerintah setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, antara lain Pelabuhan Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Pelabuhan Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara dan Pelabuhan Sikakap, Kecamatan Sikakap.

Ia berharap para pelaku wisata di Kepulauan Mentawai dapat mendorong percepatan penanganan Covid-19 dan menjadikan Mentawai sebagai zona hijau, untuk itu diminta kesadaran diri masing-masing melakukan pengecekan kesehatan baik melalui rapid test maupun swab test.(*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Mei 2017 - 02:03:09 WIB

    TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut TKI Ilegal

    BATAM, HALUAN - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Satgas Barelang 17 mengamankan sebuah kapal berisi 14 TKI dan dua ABK yang hendak pulang ke Indonesia melalui jalur ilegal..
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:28:26 WIB

    Korban Tenggelam Kapal Pompong Ditemukan Tewas

    Korban Tenggelam Kapal Pompong Ditemukan Tewas Riau, Haluan — Se­telah dilakukan pencarian selama tiga hari, akhirnya korban kapal pompong teng­gelam di perairan Desa Kam­pung Baru, Imis (36) dite­mukan tewas, Ahad (16/10/16)..
  • Sabtu, 17 September 2016 - 01:31:52 WIB

    Operator Kapal Protes Pembayaran Jasa

    BATUAMPAR, HALUAN — Sejumlah operator kapal melakukan aksi demo, memprotes sistem host to host pembayaran jasa ke pelabuhan yang dinilai mem­perlambat kinerja mereka di Kantor Pelabuhan Batam, Kamis (15/9)..
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 03:40:37 WIB

    Dua Kapal Illegal Fishing Malaysia Ditangkap

    BATAM, HALUAN — Dua kapal penangkap ikan asing (KIA) ilegal berbendara ne­gara Malaysia ditangkap kapal Baladewa 8002 milik Pol Airud Polda Kepri di perairan Anambas, beberapa waktu lalu..
  • Senin, 23 Mei 2016 - 02:56:25 WIB
    Batam Dilanda Angin Ribut

    Enam Kapal Tongkang Terseret Ombak

    Enam Kapal Tongkang Terseret Ombak Batam, Haluan — Sebanyak 6 Kapal Tongkang hanyut terseret ombak akibat angin ribut (kencang) yang terjadi Minggu, (21/5) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]