Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Bagaimana Bisa Tertular?


Rabu, 08 Juli 2020 - 06:33:28 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Bagaimana Bisa Tertular? World Economic Forum (AP Photo/Markus Schreiber)

HARIANHALUAN.COM - Presiden Brasil Jair Bolsonaro positif terjangkit virus corona baru penyebab Covid-19. Hal itu diungkapkan langsung oleh Bolsonaro dalam sebuah wawancara televisi dari kediamannya di Brasilia, Selasa (7/7/2020) waktu setempat.

"Hasil tes telah keluar dan hasilnya positif," ujarnya dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (8/7/2020).

Kendati demikian, Bolsonaro mengaku dalam kondisi sehat dan hanya memiliki gejala ringan. Ia pun mengaku meminum hydroxychloroquine dan azithromycin untuk mengobat penyakit tersebut.

Sekadar informasi, hydroxychloroquine merupakan obat yang biasanya digunakan mengobati malaria dan lupus. Sedangkan Azithromycin adalah antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati pneumonia.

Dalam wawancara itu, Bolsonaro mengaku mulai merasa tidak sehat pada Minggu (5/7/2020). Kondisi tubuhnya menjadi lebih buruk sehari berselang. Bolsonaro pun mengalami demam dengan temperatur tubuh mencapai 38 derajat celsius.

"Hidup terus berjalan. Kita akan mewaspadai, terutama orang-orang ua dan orang-orang berpenyakit yang merupakan faktor risiko," kata Bolsonaro.

Sebelumnya, Bolsonaro mengumuman telah melakukan tes pada Senin (6/7/2020). Ia pun menjalani rontgen paru-paru di rumah sakit militer sebagai tindakan pencegahan.

Sejak awal Covid-19 mewabah, Bolsonaro kerap memandang penyakit ini bukan sesuatu yang serius. Ia menyebut Covid-19 sebagai "flu ringan" dan kerap melanggar aturan social distancing di depan umum serta tidak menggunakan masker.

Bahkan pada Sabtu (4/7/2020), Bolsonaro merilis foto-foto di media sosial. Tampak Ia tidak mengenakan masker saat makan siang dengan duta besar AS dan beberapa menteri dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan AS yang diperingati setiap 4 Juli. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 16:35:12 WIB

    Duh, Presiden Filipina Duterte Akui Keliru Tangani Corona

    Duh, Presiden Filipina Duterte Akui Keliru Tangani Corona HARIANHALUAN.COM - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, kembali menerapkan penguncian wilayah atau lockdown sebagian di ibu kota Manila menyusul lonjakan penemuan kasus baru virus corona (Covid-19) baru mencapai rekor selama e.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:11:30 WIB

    Presiden Xi Jinping: China Teman Tulus Rakyat Palestina

    Presiden Xi Jinping: China Teman Tulus Rakyat Palestina HARIANHALUAN.COM - China 'pasang badan' untuk melindungi hak-hak Palestina atas wilayahnya. Negeri tirai bambu ini mengecam keras rencana pencaplokan Israel atas wilayah Tepi Barat..
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 21:57:12 WIB

    Sudah Dua Pekan Lebih Terinfeksi Covid-19, Presiden Brasil Belum Sembuh Juga

    Sudah Dua Pekan Lebih Terinfeksi Covid-19, Presiden Brasil Belum Sembuh Juga HARIANHALUAN.COM - Presiden Brasil Jair Bolsonaro kembali dinyatakan positif terinfeksi virus corona untuk ketiga kalinya dalam tes terbaru. Ia mengatakan akan memperpanjang karantina mandiri selama dua pekan ke depan dan men.
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 08:08:55 WIB

    Presiden Brazil Masih Positif Covid-19 pada Tes Kedua

    Presiden Brazil Masih Positif Covid-19 pada Tes Kedua HARIANHALUAN.COM - Presiden Brazil Jair Bolsonaro masih tetap berada dalam isolasi mandiri hari Kamis 16 Juni, sehari setelah mengumumkan ia dites positif terjangkit virus corona untuk kedua kalinya..
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 12:47:53 WIB

    Presiden China Xi Jinping Telpon Putin, Apa yang Direncanakan?

    Presiden China Xi Jinping Telpon Putin, Apa yang Direncanakan? HARIANHALUAN.COM - Dalam pembicaraan lewat sambungan telepon antara Presiden China Xi Jinping dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (8/7/2020), kedua pemimpin sepakat untuk menentang hegemoni dan unilateralisme..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]