Wah Ternyata SIM Indonesia Berlaku di Luar Negeri, Negara Mana Saja?


Rabu, 08 Juli 2020 - 07:21:46 WIB
Wah Ternyata SIM Indonesia Berlaku di Luar Negeri, Negara Mana Saja? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Kewajiban seorang pengendara mobil atapun motor adalah Surat Izin Mengemudi (SIM), dan bila di luar negeri harus gunakan SIM Internasional. Namun, ternyata SIM Indonesia ada yang bisa berlaku di beberapa negara khusus.

Untuk SIM Internasional sendiri diterbitkan secara resmi oleh Korps Lalu Lintas Polri, dan saat ini bisa diurus secara online. Tapi, ternyata SIM Indonesia ada yang bisa juga dipakai di negara lain.

Hal itu tercantum dalam perjanjian antar negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, Senin 6 Juli 2020, perjanjian yang dimaksud adalah 1985 Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued by ASEAN Countries.

Pada pasal 1 perjanjian itu, disebutkan bahwa setiap negara yang tergabung dalam ASEAN sepakat mengizinkan pemegang SIM dari negara masing-masing, mengemudikan kendaraan di negara lain tanpa memerlukan SIM internasional.

Kemudian, pada pasal 2 tertera bahwa SIM lokal hanya bisa digunakan apabila yang bersangkutan hanya tinggal sementara di negara tersebut. Kemudian di pasal berikutnya, dikatakan apabila SIM tersebut tidak dibekali dengan bahasa Inggris, maka wajib melampirkan terjemahannya yang sudah disertifikasi.

Daftar negara yang sepakat mematuhi perjanjian tersebut yakni Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Namun, khusus untuk Malaysia pemilik SIM dari negara lain wajib mengisi formulir tambahan apabila hendak berkendara di Negeri Jiran.

Sebagai informasi, cara pembuatan SIM online tidak rumit. Pemohon cukup membuka laman SIM Internasional Korlantas. Kemudian, mengisi formulir pendaftaran dan membayar biayanya secara online.

Selanjutnya, datang ke Kantor SIM Internasional di NTMC Polri, Jakarta, dengan membawa e-KTP, SIM nasional, paspor asli, bukti registrasi online dan bukti pembayaran online.

Untuk membuat SIM Internasional, dikenakan biaya Rp250 ribu, baik motor ataupun mobil. Sementara untuk memperpanjang masa berlaku SIM Internasional, dikenakan biaya Rp225 ribu. Masa berlakunya selama tiga tahun. (*)

loading...
 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 April 2020 - 21:08:58 WIB

    Mewah! Alphard Panjang 6,5 Meter Jadi Mobil Jenazah

    Mewah! Alphard Panjang 6,5 Meter Jadi Mobil Jenazah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Toyota Alphard salah satu mobil Multi Purpose Vehicles (MPV) premium yang biasa digunakan kalangan tertentu sebagai mobil pribadi. Apa jadinya jika kelapangan Alphard dimanfaatkan untuk mobil penga.
  • Selasa, 07 April 2020 - 07:37:11 WIB

    7 Skutik Bekas di Bawah Rp 5 Jutaan, Tertarik Membelinya?

    7 Skutik Bekas di Bawah Rp 5 Jutaan, Tertarik Membelinya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hadir pada era 2000-an, skuter matik atau kerap disebut skutik berhasil mengubah ekosistem kendaraan roda dua di Indonesia..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 12:59:18 WIB

    Wah Mewah Nih, Polisi Indonesia Patroli Pakai Mobil Listrik Tesla

    Wah Mewah Nih, Polisi Indonesia Patroli Pakai Mobil Listrik Tesla JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tesla jadi mobil listrik yang mulai wara-wiri di jalan Indonesia. Merek ini sudah digunakan oleh pejabat publik seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Anggota DPR Ahmad Sahroni, Artis Dedi Corbuzi.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 09:58:56 WIB

    Makin Keren! Suzuki Lengkapi Fitur Mewah di Ertiga Baru

    Makin Keren! Suzuki Lengkapi Fitur Mewah di Ertiga Baru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejak 2012, Indonesia resmi jadi arena pertempuran mobil keluarga, terutama di segmen low multi purpose vehicle. Era MPV sebenarnya sudah dimulai sejak 2004, namun baru ramai delapan tahun kemud.
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 09:07:15 WIB

    Wah..! VW Ternyata Sudah Jual Mobil Listrik 50 Tahun Lalu

    Wah..! VW Ternyata Sudah Jual Mobil Listrik 50 Tahun Lalu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tren kendaraan listrik kini digandrungi berbagai dunia. Namun teknologi ini sudah dijual Volkswagen sejak 50 tahun silam..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]