Laporan Keuangan Baznas Sawahlunto Wajar Tanpa Pengecualian


Rabu, 08 Juli 2020 - 09:45:04 WIB
Laporan Keuangan Baznas Sawahlunto Wajar Tanpa Pengecualian BAZNAS Sawahlunto serahkan hasil audit laporan keungannya yang wajar tanpa pengecualian kepada Kepala Kan Kemenag Sawahlunto. Ist

HARIANHALUAN.COM - Hasil Audit independen Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto untuk laporan keuangan tahun 2019 diapresiasi dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Laporan keuangan BAZNAS Sawahlunto sendiri diaudit umum oleh kantor akuntan publik Heliantono and Rekan, member of Parker Randal International Jakarta.

"Alhamdulillah, WTP ke tigakali beruntun. Ini menandakan laporan keuangan kita dilakukan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, laporan perubahan dana dan arus kas dengan prinsip akuntasi yang berlaku umum di Indonesia," kata ketua BAZNAS Sawahlunto, M. Syarief.

Dia berharap, hal ini akan semakin menambah kepercayaan publik terhadap BAZ, sehingha akan terjadi peningkatan jumlah orang yang membayarkan zakat melaluiBAZ, tidak hanya didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti selama ini, tetapi juga berasal dari kalangan umum lainnya.

Disinggung terkait penyaluran zakat selama ini, M. Syarief mengungkapkan bahwa banyak diperuntukan sebagai modal usaha produktif seperti berjualan, berkebun, beternak dan kerajinan rumah tangga. Bedah rumah, biaya pendidikan, bantuan jompo, masuk listrik PLN dan lainnya.

"Ada 4 program Sawahlunto sehat di kita, yakni Sawahlunto sehat, Sawahlunto cerdas, Sawahlunto makmur dan Sawahlunto peduli," ujarnya.

Sementara Ketua tim audit dari KAP Helianto dan rekab, Ulya mengatakan, kriteria WTL tersebut berdasarkan atas laporan keuangan yang lengkap, dana yang disalurkan sesuai kriteria. Dalam hal ini BAZNAS Sawahlunto telah menjalankan prinsip-prinsip umum sistim pengendalian dan pelaporan keuangan di Indonesia. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 12:40:58 WIB

    Gelar Rakor PMPRB, Inspektorat Padang Pariaman Siapkan Dokumen Laporan Kerja

    Gelar Rakor PMPRB, Inspektorat Padang Pariaman Siapkan Dokumen Laporan Kerja HARIANHALUAN.COM - Rakor Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Kabupaten Padang Pariaman telah dilaksanakan di Kantor Inspektorat, Parit Malintang, pada Rabu (17/6-2020). .
  • Rabu, 06 September 2017 - 10:09:26 WIB

    Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi

    Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Seluruh nagari di Solok Selatan (Solsel) telah menyelesaikan laporan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama. Bahkan, di Sumatra Barat (Sumbar) Solsel termasuk kabupaten tercepat d.
  • Senin, 29 Februari 2016 - 02:56:59 WIB

    Polres Tindaklanjuti Laporan Pemalsuan Tandatangan

    SOLSEL, HALUAN — Kepolisian Resort Solok Selatan (Polres Solsel) akan me­nindaklanjuti laporan Kader Partai Demo­krat Solsel terkait dugaan pemalsuan tandatangan yang dilakukan oleh ketua dan sekretaris partai Demokrat So.
  • Senin, 14 Desember 2015 - 02:37:20 WIB
    Upaya Pertahankan WTP

    SKPD Diminta Buat Laporan Keuangan Sesuai SAP Akrual

    PADANGPARIAMAN, HALUAN — Pemkab Padangpariaman meminta SKPD di kabu­paten itu untuk membuat laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang berbasis akrual, agar pemkab setempat kembali meraih opini Wajar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]