Google Play Store Delete 25 Aplikasi Berbahaya, Cek Ponsel Anda Sekarang!


Rabu, 08 Juli 2020 - 12:58:23 WIB
Google Play Store Delete 25 Aplikasi Berbahaya, Cek Ponsel Anda Sekarang! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Google Play Store merupakan rumah bagi jutaan aplikasi yang menjadikan ponsel kita berguna dalam banyak hal. Google melakukan yang terbaik untuk memastikan tidak ada aplikasi berbahaya di toko aplikasinya, tapi beberapa di antaranya tetap lolos. 

Untungnya, Google bukan satu-satunya perusahaan yang mencari aplikasi jahat. Perusahaan Cybersecurity Evina juga mencari dan menguji aplikasi untuk malware apa pun yang mungkin bersembunyi di dalam.

Baru-baru ini, lapor Giz China, mereka mengunggah daftar 25 aplikasi yang mencuri kredensial Facebook pengguna. Aplikasi telah dihapus dari Google Play Store, tapi jika Anda mengunduhnya di perangkat, maka sudah saatnya untuk menghapus dari perangkat.

Daftar berisi aplikasi dengan fungsi yang sangat berbeda, mulai dari permainan kartu, manajer file, penghitung langkah, bahkan aplikasi senter. Bila digabungkan, maka mereka telah mengumpulkan lebih dari 2 juta unduhan dan semuanya berisi kode berbahaya yang sama.

Cara kerja malware adalah dengan menunggu pengguna meluncurkan aplikasi yang dibuat oleh Facebook. Kemudian, aplikasi jahat dengan cepat membuka tab browser baru dengan halaman login Facebook palsu dan menampilkannya di atas aplikasi yang awalnya diluncurkan.

Pengguna kemudian akan memasukkan rincian login Facebook mereka dan malware akan menyalinnya dan mengirimkannya ke server yang ditentukan. Jelas, pengguna yang mengerti teknologi kemungkinan akan melihat switcheroo dan tidak akan jatuh untuk trik itu, tetapi anak-anak atau orang tua yang menggunakan ponsel Android untuk pertama kalinya akan dengan mudah mengikuti dan membuat akun Facebook mereka dikompromikan.

Itulah mengapa penting untuk selalu memastikan aplikasi yang Anda instal adalah sah. Untuk memastikannya, Anda dapat membaca komentar dari para pengguna yang sudah meng-instal-nya. (*)

loading...
 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:14:48 WIB

    Yuk Simak 10 Cara Mudah Menandai Rumah di Google Maps

    Yuk Simak 10 Cara Mudah Menandai Rumah di Google Maps HARIANHALUAN.COM - Anda pernah merasa kesulitan ketika memberikan alamat rumah Anda ke orang lain karena alamat tersebut tidak ada di Google Maps? Kini, Anda tak perlu khawatir, sebab, ada cara menandai rumah di Google Maps y.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 13:38:20 WIB

    2.500 Saluran YouTube Terkait China Dihapus Google, Ada Apa?

    2.500 Saluran YouTube Terkait China Dihapus Google, Ada Apa? HARIANHALUAN.COM - Google menyampaikan telah menghapus lebih dari 2.500 saluran YouTube yang terkait dengan China. Penghapusan ini dilakukan untuk menghilangkan disinformasi pada platform YouTube. Penghapusan ini dilakukan an.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 00:13:21 WIB

    Waduh! Google Play Music Setop Desember, Ini Penggantinya

    Waduh! Google Play Music Setop Desember, Ini Penggantinya HARIANHALUAN.COM - Layanan streaming musik milik Google, Google Play Music akan berhenti pada akhir Desember 2020 dan akan digantikan oleh YouTube Music. Secara bertahap, Google Play Music akan berhenti  di Selandia Baru dan.
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:23:12 WIB

    Begini Cara Pakai Google Classroom Tanpa Internet dan Kuota

    Begini Cara Pakai Google Classroom Tanpa Internet dan Kuota HARIANHALUAN.COM - Pandemi COVID-19 memaksa kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring dari rumah. Guru dan siswa pun sekarang mulai terbiasa dengan istilah aplikasi dan layanan belajar online. Google Classroom m.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 07:22:55 WIB

    Smartphone Google Pixel 4a Dirilis 3 Agustus, Harga Mulai 349 Dolar AS

    Smartphone Google Pixel 4a Dirilis 3 Agustus, Harga Mulai 349 Dolar AS HARIANHALUAN.COM - Tidak mudah menyimpan rahasia smartphone yang akan datang. Terutama, jika itu adalah salah satu ponsel yang paling dinanti-nanti tahun ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]