Cara Alami Tanpa Obat Semprot Agar Tak Digigit Nyamuk, Nomor 2 Tradisional Banget


Kamis, 09 Juli 2020 - 08:08:37 WIB
Cara Alami Tanpa Obat Semprot Agar Tak Digigit Nyamuk, Nomor 2 Tradisional Banget Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Nyamuk sangat mengganggu kenyamanan terlebih lagi di malam hari ketika menjelang tidur.

Mengusir nyamuk dengan obat semprot bisa jadi cara efektif tapi dalam jangka panjang berisiko mengganggu kesehatan pernapasan. Terlebih lagi jika ada anggota keluarga atau malah kamu sendiri yang punya masalah pernapasan, penggunaan obat nyamuk bisa memperparah kondisinya.

Sebagai alternatif kamu bisa mencoba cara mengusir nyamuk yang lebih alami dan aman. Ini beberapa cara mengusir nyamuk secara alami tanpa obat semprot.

1. Tanam Tumbuhan Pengusir Nyamuk

Nyamuk sangat tidak suka dengan aroma-aroma yang kuat. Maka kamu bisa menanam tumbuhan tertentu untuk menjauhkan nyamuk dari halaman rumah sehingga tidak sampai masuk ruangan.

Seperti dikutip dari Pop Sugar, disarankan menanam pohon basil, mint, serai, lemon balm, geranium dan lavender. Tanam dalam pot-pot kecil lalu letakkan dekat jendela, pintu atau tempat-tempat di mana nyamuk biasa bersarang.

2. Pasang Kelambu di Tempat Tidur

Kelambu merupakan cara paling klasik untuk mengusir nyamuk tanpa pakai obat semprot. Memang perlu sedikit usaha lebih dalam pemasangan kelambu tapi pikirkan ini sebagai investasi jangka panjang agar nyamuk tidak bisa mendekat.

Lebih dari itu, kelambu bisa memberi kesan vintage dan romantis di kamar tidur. Tapi ingat juga harus rajin-rajin membersihkannya dari debu ya.

3. Nyalakan Lilin Citronella

Citronella merupakan senyawa yang terkandung dalam minyak serai yang aromanya tidak disukai nyamuk. Kamu bisa menyalakan lilin citronella sebagai cara mengusir nyamuk secara alami tanpa obat semprot.

Lilin citronella biasanya dijual di toko herbal, toko home & furniture atau toko yang khusus menjual lilin wangi. Nyalakan lilin selama 15-20 menit lalu matikan. Aroma minyak serai yang keluar dari pembakaran lilin akan tersebar ke ruangan dan menimbulkan aroma yang bikin nyamuk menjauh.


4. Pakai Minyak Esensial

Minyak esensial tidak hanya berkhasiat sebagai aromaterapi tapi juga bisa jadi cara mengusir nyamuk. Beberapa jenis minyak esensial yang efektif di antaranya lemon, eucalyptus, geranium, lavemder, citronella, cedar wood dan basil.

Kamu bisa mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit di pergelangan tangan dan belakang telinga. Tapi pakai sesedikit mungkin dan pastikan kulit kamu tidak sensitif untuk menghindari iritasi. Bisa juga dengan menuangkan beberapa tetes minyak esensial ke diffuser.

5. Taburkan Bawang Putih Bubuk

Bawang putih bubuk memang memiliki aroma yang kurang sedap tapi bisa jadi alternatif paling praktis jika tidak tersedia empat bahan yang telah disebutkan di atas. Cara mengusir nyamuk secara alami adalah dengan menaburkan bawang putih bubuk ke tempat sampah, dekat pintu atau jendela, bawah tempat tidur atau area lain yang jadi tempat berkumpulnya nyamuk.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]