DPO 3 Bulan, Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun Ditangkap Polisi di Rumah Istri


Kamis, 09 Juli 2020 - 09:13:21 WIB
DPO 3 Bulan, Pelaku Pencabulan Anak 11 Tahun Ditangkap Polisi di Rumah Istri Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana di Pariaman, memperlihatkan barang bukti kasus dugaan pencabulan anak di bawah umur di Sungai Geringging.

HARIANHALUAN.COM - Tiga bulan DPO akhirnya KA (44) berhasil ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pariamn di Nagari Ulakan, Padang Pariaman. KA diduga melakukan tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur di Sungai Geringging.

"Pelaku ini telah melarikan diri selama tiga bulan, setelah mendapatkan info keberadaannya anggota kami langsung menangkap di rumah istrinya di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman," kata Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana di Pariaman, Kamis (9/7).

AKBP Deny Rendra Laksmana mengatakan pelaku berhasil ditangkap berdasarkan informasi masyarakat terkait keberadaan pelaku yang sudah menjadi daftar pencarian orang (DPO) sejak tiga bulan lalu.

“Pelaku ditangkap tanpa perlawanan dan kemudian langsung kita bawah Polres Pariamam untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kasus dugaan pencabulan tersebut dilakukan pelaku KA terhadap korban sebut saja Bunga (11), Selasa (21/4), lalu di dalam kamar rumah pelaku di Korong Batu Bayur, Nagari Malai III Koto Sungai Geringging, Kecamatan Sungai Geringging.

"Awalnya saat korban sedang bermain dengan teman-temannya, tidak di rumah pelaku. Saat itu datang adik korban memberitahukan bahwa pelaku KA memanggil untuk datang kerumahnya, kemudian korban pun datang ke rumah pelaku KA dan saat di rumah tersebut pelaku memberi korban buah timun yang sudah disimpan dalam plastik dan beberapa uang kepada korban," kata Kapolres.

Kemudian, lanjut Deny, pelaku menyuruh korban memberikan timun tersebut kepada adik korban untuk dibawa pulang, saat adik korban pulang pelaku langsung menggendong korban ke dalam kamar dan kemudian pelaku mengunci pintu dan melakukan pencabulan itu.

"Saat pelaku melancarkan aksinya, datanglah kakak korban Fajar dan mendobrak pintu rumah tersebut dan pelaku pun berhenti mencabuli korban, sekitar 15 menit kemudian korban pun mengaku telah dicabuli pelaku KA," ujarnya.

Atas kejadian itu, keluarga korban tidak menerima anaknya dicabuli pelaku KA, orangtua korbanpun melaporkan kejahatan itu kepada pihak kepolisian Polres Pariaman.

“Kita tangkap pelaku berdasarkan laporan orangtua korban, namun saat ditangkap pelaku menghilang selama tiga bulan dan baru sekarang bisa kami tangkap,” ujar AKBP Deny Rendra Lanksmana.

Pelaku KA dijerat dengan pasal 82 ayat 1 UU RI No 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI NO 1 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi UU, dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan denda Rp5 miliar.(*)

loading...
Reporter : Yuhendra /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:56:02 WIB

    Spesialis Kupak Rumah yang Ditembak Polisi Ternyata DPO

    Spesialis Kupak Rumah yang Ditembak Polisi Ternyata DPO HARIANHALUAN.COM - Romi Samaloisa (31) yang ditebak polisi karena melakukan perlawanan ketika ditangkap, ternyata telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus yang sama yakni melakukan pencurian di daerah Koto Tangah..
  • Senin, 18 Mei 2020 - 21:34:05 WIB

    Sempat DPO, Pelarian Oknum Polisi Ini Berakhir di Pangkalan Kerinci

    Sempat DPO, Pelarian Oknum Polisi Ini Berakhir di Pangkalan Kerinci HARIANHALUAN.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau.(Kepri) bersama dengan Polda Riau dan Kepolisian Resort (Polres) Pelalawan berhasil mengamankan satu pelaku diduga melakukan pencurian dan penggelapan dari sebuah .
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 17:07:23 WIB

    Masuk DPO Dua Tahun, Satreskrim Polres Solok Tangkap Pelaku Curanmor

    Masuk DPO Dua Tahun, Satreskrim Polres Solok Tangkap Pelaku Curanmor AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Solok akhirnya membekuk seorang lelaki dewasa berinisial Ad alias Apuak (30), yang sebelumnya dinyatakan DPO (Daftar Pencarian Orang) Nomor : DPO/01/V/2018.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 18:42:00 WIB

    8 Bulan DPO, Pengedar Narkoba di Pasbar Ini Akhirnya Diringkus Polisi

    8 Bulan DPO, Pengedar Narkoba di Pasbar Ini Akhirnya Diringkus Polisi PASBAR, HARIANHALUAN.COM -Delapan bulan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) Hendra (31) Warga Jorong Sungai Tanang, Nagari Sungai Aur berhasil diamankan Jajaran Polsek Gunung Tuleh (Guntul) dirumahnya, Senin (16/12) sekira p.
  • Jumat, 20 September 2019 - 12:15:46 WIB

    Veronica Koman Resmi Ditetapkan Jadi DPO

    Veronica Koman Resmi Ditetapkan Jadi DPO SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Polisi resmi menetapkan status Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada tersangka kasus provokasi kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua Veronica Koman. Status DPO ini diterbitkan usai Veronica tak mengin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]