Buronan Maria Pauline Lumowa Ditangkap, Ternyata Bobol BNI 46 Rp 1,7 T Pakai L/C Fiktif


Kamis, 09 Juli 2020 - 11:57:05 WIB
Buronan Maria Pauline Lumowa Ditangkap, Ternyata Bobol BNI 46 Rp 1,7 T Pakai L/C Fiktif Buronan Maria Pauline Lumowa tersangka pembobolan BNI 46 senilai Rp 1,7 triliun berhasil ditangkap oleh Kementerian Hukum dan HAM

HARIANHALUAN.COM - Buronan Maria Pauline Lumowa tersangka pembobolan BNI 46 senilai Rp 1,7 triliun berhasil ditangkap oleh Kementerian Hukum dan HAM. Penangkapan ini dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Berdasarkan keterangan pers dari Kemenkum HAM, Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif. Lalu apa itu?

Dikutip detikcom pada Kamis (9/7/2020) dari Peraturan Bank Indonesia Nomor : 5/11/PBI/2003 tentang Pembayaran Transaksi Impor, dijelaskan bahwa Letter of Credit yang disingkat L/C adalah janji membayar dari bank penerbit kepada penerima jika penerima menyerahkan kepada bank penerbit dokumen yang sesuai dengan persyaratan L/C.

Dijelaskan pula bahwa bank menerbitkan L/C dalam rangka pembayaran transaksi impor atas dasar permintaan importir yang diajukan kepada bank dengan mengisi formulir permohonan penerbitan L/C.

Bank hanya dapat mengubah L/C atas dasar permintaan importir yang diajukan kepada bank dengan mengisi formulir permohonan perubahan L/C.

Bank yang akan menerbitkan pun wajib meneliti kelengkapan dan kebenaran pengisian data yang dicantumkan importir dalam formulir permohonan penerbitan atau perubahan L/C, memastikan bahwa importir telah memenuhi ketentuan Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang berlaku di bidang impor yang berkaitan dengan persyaratan sebagai importir, dan barang yang diawasi dan diatur tata niaga impornya.

Selain itu bank harus meneliti surat persetujuan impor barang dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang dicantumkan dalam formulir permohonan penerbitan L/C dalam hal barang yang diimpor merupakan barang yang diawasi dan diatur tata niaga impornya.

L/C dapat diterbitkan dengan syarat pembayaran tunai dan atau berjangka. Dalam hal bank melakukan penerbitan L/C dengan syarat pembayaran berjangka atau melakukan perubahan jangka waktu penundaan pembayaran L/C, maka jangka waktu penundaan pembayaran L/C tersebut didasarkan pada kesepakatan para pihak terkait yaitu bank, importir dan eksportir.

Penerbitan dan atau perubahan L/C wajib dilakukan dengan memenuhi ketentuan Bank Indonesia mengenai Pinjaman Komersial Luar Negeri Bank.(*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 13:15:07 WIB

    Tersangka Korupsi, Plt Bupati Bengkalis Jadi Buronan Polisi

    Tersangka Korupsi, Plt Bupati Bengkalis Jadi Buronan Polisi PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM -- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis Muhammad merupakan salah satu orang yang paling dicari pihak kepolisian. Saat ini, dia buron dan telah dimasukkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Mu.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 00:12:26 WIB

    Akhirnya..!! Buronan Kasus Century Ditangkap

    Akhirnya..!! Buronan Kasus Century Ditangkap JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Agung menangkap Stefanus Farok Nurtjahja yang merupakan terpidana perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam Kasus Bank Century. Dia sudah buron sejak tahun 2014..
  • Sabtu, 17 November 2018 - 14:55:18 WIB

    Jaksa Tangkap Buronan Kasus Dana Transmigrasi di Padang

    Jaksa Tangkap Buronan Kasus Dana Transmigrasi di Padang Diketahui, kasus yang menjerat Eddi Warlis sempat menghebohkan publik Sumbar. Sebelum digiring ke meja hijau, Eddi Warlis juga sempat buron. Jaksa bahkan menyebar fotonya, dan memampang wajah Eddi Warlis di media massa saat k.
  • Jumat, 14 September 2018 - 18:20:31 WIB

    Telan Sabu, Seorang Buronan Polisi Tewas di Tanah Datar

    Telan Sabu, Seorang Buronan Polisi Tewas di Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COMĀ - Diduga karena panik, seroang tersangka pengedar narkoba langsung menelan barang bukti jenis sabu sebanyak dua paket..
  • Jumat, 22 September 2017 - 09:30:23 WIB

    Polisi Tangkap Buronan Sejak 2011 di Jakarta

    Polisi Tangkap Buronan Sejak 2011 di Jakarta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah ditetapkan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak tahun 2011, Maljufri (50) akhirnya berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polresta Padang di Apartemen Lavender, Tebet, Jakarta Selatan, Sab.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]