Maju Pilkada Sumbar, Ini Sosok yang Diincar Mulyadi


Kamis, 09 Juli 2020 - 12:14:54 WIB
Maju Pilkada Sumbar, Ini Sosok yang Diincar Mulyadi Mulyadi. Ist

HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar sudah didepan mata, tepatnya digelar pada 9 Desember 2020 nanti. Namun nama-nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terus mencuat. Beberapa diantaranya bahkan sudah mulai intens turun ke masyarakat dan memasangan baliho di pinggir jalan.

Saat ini beberapa nama yang kerap muncul selain nama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang dipastikan maju di pesta lima tahun sekali ini. Ada pula nama Mulyadi, Anggota DPR RI.

Selain itu, ada nama Wali Kota Padang Mahyledi Ansharullah, Pengusaha muda sukses asal Minang Audy Joinaldy, mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Bupati Solok Gusmal, Faldo Maldini, Indra Catri, Fauzi Bahar, Febby Dt Bangso, Shadiq Pasadigoe dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Beberapa diantara figur tersebut bahkan telah acap kali bertarung, baik di kasta Wali Kota, Bupati hingga DPR RI. Pilkada kali ini juga bakal diikuti pasangan perserongan atau independen. Salah satu, Fakhrizal-Genius Umar.

Sementara Nasrul Abit-Indra Catri resmi diusung Partai Gerindra. Dan selanjutny adalah Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy.

Dari sejumlah tokoh itu, ada wajah baru yakni, Audy Joinaldy. Meski tergolong tokoh baru dalam perhelatan Pilkada serentak 2020, namun dia tidak pernah berkecil hati. Bahkan sangat optimis bis menggeser figur-figur lama.

Begitu juga Mulyadi, Anggota DPR RI periode 2019-2024 ini. Sebagai bakal calon kepala daerah, Mulyadi optimis bisa memenangkan Pilkada Sumbar. Dengan segala kerendahan hatinya, pria kelahiran Bukittinggi ini meminta doa restu untuk menjadi pemimpin di Sumbar.

Berbicara soal siapa nama yang akan menjadi pasangannya, saat ini Mulyadi belum mau menyebutkannya.

"Pendaftaran itu di bulan Juni, masih terlalu dini untuk menyebutkan nama. Yang jelas negosiasi politik terus berlangsung dan harus dikomunikasikan juga dengan partai pendukung," ujar Mulyadi berepa waktu lalu.

Masalah wakil, Mulyadi anggota DPR RI tiga periode ini memiliki kriteria tersendiri, diantaranya yang pertama harus memiliki elektabilitas.

"Wakil itu harus punya elektabilitas, sehingga jika dipasangkan dengan kita akan memberikan kontribusi elektoral," kata Mulyadi.

Kedua, harus didukung oleh partai pengusung, partai pendukung jangan sampai alergi dengan orang tersebut. Ketiga, tentu mesti ada logistik. Keempat, harmonisasi, kesamaan visi dan misi. Jangan sampai saya mempunyai misi untuk membangun Sumatera Barat, sedangkan dia lain lagi, ujar Mulyadi.

"Kalau saya jadi gubernur, saya akan memberikan kewenangan strategis ke wakil saya, dalam rangka mencapai visi dan misi kita, karena membangun Sumbar ini harus saling berkerja sama," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]