Dosen Unbrah Raih Gelar PhD di Taiwan dalam Waktu 1 Tahun 10 Bulan


Kamis, 09 Juli 2020 - 13:11:03 WIB
Dosen Unbrah Raih Gelar PhD di Taiwan dalam Waktu 1 Tahun 10 Bulan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Unbrah), drg. Valendriyani Ningrum, MPH, PhD.

HARIANHALUAN.COM - Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Unbrah), drg. Valendriyani Ningrum, MPH, PhD, meraih gelar PhD di Department Health Care Administration, Asia University, Taiwan, Rabu (8/7).

Ujian disertasi dilakukan secara daring menggunakan Microsoft Team dengan 5 Tim penguji dari beberapa Universitas di Taiwan.

Drg. Valend (sapaan akrabnya) mampu menyelesaikan gelar PhD dalam waktu 1 tahun 10 bulan.

"Waktu studi tersebut merupakan yang tercepat di Department Health Care Administration, Asia University," ungkapnya.

Dalam disertasinya yang berjudul "The clinical oral health status studies of individuals with intelectual disability disorder and autism spectrum disorder in Indonesia: Mixed method research", drg. Valend mengangkat tema tentang oral health status pada anak dengan autism dan disabilitas intelektual.

"Tiga studi menggunakan systematic review dan meta-analysis, studi kuantitatif dan studi kualitatif menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara subjek dengan special need dan subjek normal. Beberapa rekomendasi untuk dokter gigi, caregiver dan pemerintah dari penelitian yang dilakukannya adalah untuk meningkatkan upaya promotif, preventing, dan peningkatan akses kesehatan bagi special need secara komprehensif," jelasnya lebih lanjut.

Rektor Universitas Baiturrahmah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengapresiasi prestasi yang diraih drg. Valend.

"Kita mengapresiasi pencapaian ini dan berharap drg. Valend dapat kembali mengabdi dengan mengajar dan berkontribusi dalam Tridharma perguruan tinggi bagi Universitas Baiturrahmah dan bangsa," ucapnya.

Capaian drg. Valend yang mampu membuat dua publikasi internasional pada jurnal bereputasi dengan impact factor 4 ke depan diharapkan mampu menaikkan kinerja penelitian Universitas Baiturrahmah.

Selain drg. Valend segera menyusul kandidat PhD lainnya yakni drg. Abu Bakar juga dari Fakultas Kedokteran Gigi. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:39:06 WIB

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan

    Asyik, Akhirnya Guru dan Dosen Bisa Ambil Cuti Tahunan HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan aturan baru terkait cuti tahunan tenaga pendidikan. Pasalnya, tahun ini mulai dari PNS guru dan dosen diperbolehkan mengambil cuti tahunan. Ini terasa dengan PNS y.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 18:08:58 WIB

    PNP Siap Terima Praktisi Pariwisata Sebagai Dosen

    PNP Siap Terima Praktisi Pariwisata Sebagai Dosen HARIANHALUAN.COM - Dicanangkannya "Kampus merdeka dan merdeka belajar" menutut keharusan perguruan tinggi terlibat "Pernikahan" dengan industri, begitu juga sebaliknya. Ini salah satu upaya agar pihak industri ikut terlibat a.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:59:54 WIB

    Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun

    Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengatakan, Pengakuan Angka Kredit (PAK) Dosen Vokasi sedang digarap saat ini. Salah satu isinya, minimal sekali dalam 4 tahun dosen Politeknik harus ad.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 19:05:05 WIB

    Duh! Satu Dosen UGM Positif Virus Corona

    Duh! Satu Dosen UGM Positif Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta menyatakan satu dosennya, berinisial ID, positif terjangkit virus corona (Covid-19). Setiap orang di lingkungan kampus yang pernah berkontak dengan dos.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 11:58:35 WIB

    Penelitian, Dosen UMS Temukan Kandungan Antibiotik di Rumput Teki

    Penelitian, Dosen UMS Temukan Kandungan Antibiotik di Rumput Teki PADANG,HARIANHALUAN.COM-Rumput teki yang dianggap gulma oleh sebagian petani memiliki khasiat untuk kesehatan. Penelitian dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menemukan, rumput teki bisa digunakan untuk obat antibio.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]