Terungkap Alasan Kemenpan-RB Tak Buka Lowongan CPNS 2020


Kamis, 09 Juli 2020 - 14:24:11 WIB
Terungkap Alasan Kemenpan-RB Tak Buka Lowongan CPNS 2020 Ilustrasi tes CPNS.

HARIANHALUAN.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan alasan Kementerian PAN-RB tidak membuka perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS), pada 2020 ini. Salah satunya karena tahun ini masih menuntaskan rekrutmen pada 2019 lalu.

"Hal ini karena pemerintah masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi COVID-19," kata Tjahjo, dikutip dari Viva.co.id, Kamis, 9 Juli 2020.

Saat ini, proses penerimaan CPNS masih menuntaskan proses rekrutmen tahun 2019 yang masuk tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Tahap SKB itu juga baru akan dilanjutkan pada  September sampai Oktober 2020, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. "Nanti alokasi 2020 akan dialihkan untuk tahun 2021," ujarnya.

Kemungkinan, proses perekrutan CPNS baru akan dibuka kembali pada tahun depan. Namun itu juga mempertimbangkan kemampuan anggaran pemerintah serta kebutuhan dari masing-masing instansi.

"Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah. Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah serta hasil evaluasi dampak pandemi COVID-19," ujarnya.

Tjahjo  menambahkan, pemerintah juga sementara waktu meniadakan penerimaan peserta didik di sekolah-sekolah kedinasan. Namun ada sekolah kedinasan yang mendapat pengecualian seperti Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), dan sekolah kedinasan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Demikian juga dengan sekolah kedinasan (tidak ada penerimaan), kecuali sekolah khusus yang memang sudah terprogram. Akpol, Akmil," katanya. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]