Gaji Dipotong Gegara Pandemi Corona? Jangan Stres, Coba Bisnis Ini Yuk...


Kamis, 09 Juli 2020 - 14:31:40 WIB
Gaji Dipotong Gegara Pandemi Corona? Jangan Stres, Coba Bisnis Ini Yuk... Gaji dipotong, saatnya cari tambahan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Munculnya pandemi virus corona sangat jauh dari prediksi para pengusaha di dalam maupun luar negeri. Alhasil, pebisnis yang tak siap menerima guncangan krisis akibat pandemi itu usahanya akan gulung tikar. Jika mereka masih ingin mempertahankannya, maka akan membuat kebijakan memotong gaji karyawan agar mengurangi beban keuangan perusahaan.

Efeknya, sebagian masyarakat harus rela tidak menerima tunjangan transportasi dan uang makan dari tempat kerja. Sehingga, gaji yang mereka terima nominalnya tak seperti sebelum pandemi melanda beberapa negara.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho meminta para pegawai tak usah stres ketika harus menjalani kenyataan pahit tersebut. Mereka bisa ke luar dari masalah itu jika berani berbisnis.

Dia mencontohkan ada beberapa bisnis yang dinilai akan diminati pasar di saat pandemi masih melanda Indonesia. Salah satunya memulai usaha dengan merintis pembuatan masker dan beberapa alat pelindung diri lainnya.

“Seperti pula produk masker kain ataupun alat-alat pelindung diri,” kata Andy kepada Okezone, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, lanjut dia, melihat beberapa masyarakat masih banyak yang melaksanakan kegiatan kerja dari rumah atau work from home (WFH), bisa memanfaatkannya dengan menjual makanan ringan atau makanan beku melalui daring. Sebab, dengan adanya pandemi masyarakat mempunyai kebiasaan baru, yakni berbelanja tanpa melalui tatap muka.

“Bagi yang suka berjualan maka saat ini permintaan untuk snack dan frozen food sedang tinggi,” ujarnya.

Kemudian, bagi mereka yang memiliki jaringan yang luas di pekerjaannya, sebaiknya manfaatkan itu untuk berbisnis multi level marketing atau MLM.

“Bagi yang sukanya berbisnis jaringan bisa pilih MLM, ataupun menjadi agen asuransi bisa menjadi pilihan,” kata dia. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:51:19 WIB

    Kayawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Dapat BLT, Begini Proses Pencairannya

    Kayawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta Dapat BLT, Begini Proses Pencairannya HARIANHALUAN.COM - Selama 4 bulan, karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah sebesar Rp600 ribu/bulan atau total Rp 2,4 juta. .
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:26:59 WIB

    Begini Nasib Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta Tapi Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

    Begini Nasib Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta Tapi Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu HARIANHALUAN.COM - Pegawai swasta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapat bantuan Rp 600 ribu selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan sebesar Rp 1,2 juta da.
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 07:42:03 WIB

    Pentingnya Investasi meski Gaji ke-13 PNS Tak Cair

    Pentingnya Investasi meski Gaji ke-13 PNS Tak Cair HARIANHALUAN.COM - Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mampu menyisihkan uang dari gajinya untuk berinvestasi. Meski gaji ke-13 PNS belum ada kejelasan apakah dicairkan atau tidak..
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 15:47:20 WIB

    Cara Dapat Gaji Full Bebas Pajak, Mau?

    Cara Dapat Gaji Full Bebas Pajak, Mau? HARIANHALUAN.COM - Masyarakat/wajib pajak yang ikut membantu upaya pemerintah memerangi wabah COVID-19 berhak mendapatkan fasilitas pajak penghasilan (PPh) atau gajian full bebas pajak. Demikian disampaikan Direktorat Jendera.
  • Senin, 08 Juni 2020 - 12:33:24 WIB

    Skema Pemotongan Gaji Tiap Bulan buat Iuran Tapera

    Skema Pemotongan Gaji Tiap Bulan buat Iuran Tapera HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menjelaskan besaran iuran yang akan ditarik sebagai simpanan untuk pembiayaan perumahan. Besaran simpanan pokoknya 3% diambil langsung dari penghasi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]