Aturan Segera Terbit, Pesepeda Wajib Pake Bel dan Spakbor


Kamis, 09 Juli 2020 - 14:59:31 WIB
Aturan Segera Terbit, Pesepeda Wajib Pake Bel dan Spakbor Foto: istimewa

HARIANHALUAN.COM – Kementerian Perhubungan segera menyelesaikan aturan para pesepeda yang kian ramai di masa pandemi covid-19 ini. Rencananya, rancangan aturan menteri ini akan rampung akhir Juli dan diberlakukan pada Agustus 2020.

Dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Bike To Work (B2W) Indonesia, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi memaparkan, Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Tentang Pedoman Teknis Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Selain tiga hal penting seperti persyaratan teknis bersepeda, tata cara bersepeda yang baik dan benar, dan fasilitas pendukung, Kemenhub juga mengatur isyarat tangan saat bersepeda di jalan raya.

Walau begitu, rancangan ini sifatnya masih bisa berubah dan menerima masukan dari para pihak terkait seperti komunitas hingga asosiasi. "Di dalam perancangan peraturan menteri yang sedang kita buat ini, yang diatur tujuan pengaturannya adalah untuk mewujudkan tertib berlalu lintas dan menjamin keselamatan penggunaan sepeda di jalan," kata Budi.

Untuk persyaratan teknis sepeda sendiri, nantinya dibagi antara sepeda umum (dipakai sehari-hari ke sekolah dan kantor) dan sepeda balap atau sepeda gunung. Pada sepeda sehari-hari, diwajibkan memiliki bel, spakbor, sistem rem, pedal, bereflektor, lampu dan alat pemantul cahaya (disesuaikan dengan kondisi).

Sedangkan jenis yang kedunya, perlu perlengkapan seperti bel, sistem rem, pedal bereflektor, helm, lampu dan alat pemantul cahaya (disesuaikan dengan kondisi).

Lalu di bab selanjutnya, mengatur soal ketentuan dan larangan yang wajib dipatuhi bagi pesepeda. Antara lain, menggunakan helm khusus sepeda untuk sepeda balap dan gunung.

Kemudian pada kondisi malam hari, pesepeda menggunakan pakaian dan/atau atribut yang dapat memantulkan cahaya; Persepeda juga wabjib menggunakan alas kaki. Terakhir, persepeda wajib memahami dan mematuhi tata cara berlalu lintas. (*)

loading...
 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 21:37:59 WIB

    Aturan Baru MA Terkait Korupsi, Hukuman Teringan 1 Tahun, Paling Berat Penjara Seumur Hidup

    Aturan Baru MA Terkait Korupsi, Hukuman Teringan 1 Tahun, Paling Berat Penjara Seumur Hidup HARIANHALUAN.COM - Hukuman pidana yang akan dijatuhkan kepada tersangka korupsi resmi dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA). Tercatat, hukuman paling berat yang akan diterima oleh pelaku adalah hukuman seumur hidup..
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:34:04 WIB

    Aturan Baru untuk PNS Sudah Dikeluarkan, Mulai dari Cuti hingga Pemberhentian

    Aturan Baru untuk PNS Sudah Dikeluarkan, Mulai dari Cuti hingga Pemberhentian HARIANHALUAN.COM - Perubahan baru tentang aturan cuti hingga pemberhentian pegawai negeri sipil (PNS) di instansi pusat dan pemerintah daerah (Pemda) telah dikeluarkan. Aturan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 17.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 13:22:40 WIB

    Simak Ya, Begini Aturan Baru Cuti PNS

    Simak Ya, Begini Aturan Baru Cuti PNS HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mengeluarkan aturan baru terkait manajemen pegawai negeri sipil (PNS). Salah satu aturan baru yang dikeluarkan tentang pemberian cuti PNS. Dalam aturan baru ini, cuti yang diajukan oleh PNS tak b.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 22:46:49 WIB

    Melahirkan di Masa Pandemi Covid-19? Begini Aturannya

    Melahirkan di Masa Pandemi Covid-19? Begini Aturannya HARIANHALUAN.COM - Dalam masa pandemi COVID-19 kegiatan dalam pencapaian target penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir harus tetap dilaksanakan. Kementerian Kesehatan telah menyiapkan aturan penanganan persalinan di rumah.
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 12:33:38 WIB

    Aturan Baru Ibadah Haji: Jamaah Diisolasi 1 Minggu dan Wajib Tes PCR

    Aturan Baru Ibadah Haji: Jamaah Diisolasi 1 Minggu dan Wajib Tes PCR HARIANHALUAN.COM - Dengan merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Arab Saudi, penyelenggaraan ibadah haji 2020 terpaksa ditunda. Kali ini, Pemerintah Arab Saudi kembali menerbitkan aturan baru bagi jamaah yang hendak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]