Awas Hati-Hati, Pakai Barang Tak SNI Bisa Sebabkan Korsleting Listrik


Kamis, 09 Juli 2020 - 15:30:16 WIB
Awas Hati-Hati, Pakai Barang Tak SNI Bisa Sebabkan Korsleting Listrik Listrik PLN. (Foto: Okezone.com/Dok. PLN)

HARIANHALUAN.COM – Hubungan arus pendek atau korsleting listrik menjadi masalah klasik di rumah atau bangunan. Jangan dianggap sepele, karena masalah kelistrikan ini riskan dan bisa merenggut nyawa seseorang.

PLN Disjaya pun menerangkan beberapa penyebab korsleting listrik Mulai dari penggunaan listrik ilegal sampai stopkontak yang terkena air bisa menyebabkan korsleting. Hal ini perlu diketahu supaya masyarakat aman dan tidak terjadi korsleting.

"Electrizen, yuk #peduliinstalasilistrik di rumah masing-masing, biar aman dan tidak terjadi korsleting listrik. #Electrizen semua pasti tahu dong, kalau korsleting listrik alias hubungan arus pendek listrik bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran," tulis Instagram @pln_disjaya, dikutip dari Okezone, Kamis (9/7/2020).

PLN pun menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab, sehingga pelanggan bisa terhindar dari korsleting. Di antaranya, alat listrik yang tidak sesuai dengan SNI. Ini bisa menyebabkan korsleting di rumah.

Lalu, instalasi listrik tidak sesuai dengan standar laik operasi. Menyambung sekring putus dengan kawat.

"Mengganjal MCB yang sering jeglek karena tidak sesuai dengan kapasitas beban. Penggunaan steker menumpuk dalam satu stop kontak," tuturnya.

Kemudian, penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan kapasitas arusnya, penggunaan listrik ilegal. Terakhir, stop kontak terkena air akibat bocor/banjir

"Nah, perlu diperhatikan dengan jelas ya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Saling menjaga satu sama lain juga penting untuk dilakukan," tuturnya. (*)

loading...
 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]