Panen 'Padi Moeldoko' Luar Biasa, Sutan Riska Bertekad Dharmasraya Jadi Lumbung Pangan Nasional


Kamis, 09 Juli 2020 - 17:23:36 WIB
Panen 'Padi Moeldoko' Luar Biasa, Sutan Riska Bertekad Dharmasraya Jadi Lumbung Pangan Nasional Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengatakan ia bersama masyarakat daerah itu bertekad menjadikan Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu lumbung pangan nasional. 

"Dharmasraya punya hamparan lahan pertanian yang luas dan masyarakat yang ulet dalam mengolah tanah, hal ini akan menjadi modal kuat dalam mewujudkan tekad tersebut, " ungkapnya, Senin (09/07). 

Ia menyebutkan, berbagai upaya untuk itu telah dimulai jajarannya bersama pihak terkait lain dengan menggandeng masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, melalui beberapa paket pengembangan potensi pertanian dan peternakan seperti Kampung Tageh Rumah Gadang, budidaya bibit padi unggul dan lain sebagainya yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani daerah itu. 

"Yang terbaru adalah kerjasama pengembangan bibit padi M70D yang hasilnya sudah dibuktikan melalui kegiatan panen raya bersama Kelompok Tani  Handayani II, Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung, " ucapnya. 

Upaya pemerintah daerah tersebut juga mendapat dukungan dari Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto. 

Menurutnya, padi varietas unggul sejenis M70D ini memang perlu dikembangkan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Dharmasraya. 

"Ini produksinya luar biasa. Belum pernah produksi padi di Dharmasraya sebesar itu. Jadi memang ini perlu kita kembangkan bersama, untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan daerah. Kita harap, masyarakat petani juga mendukung upaya ini," tandas Paryanto.

Sebelumnya, Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melakukan panen perdana padi varietas M70D atau dikenal dengan "Padi Moeldoko" bersama petani yang tergabung Kelompok Tani  Handayani II, Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung, Senin (09/07). 

"Berbagai upaya akan terus dilakukan pemerintah daerah untuk kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Dharmasraya. Termasuk salah satunya dengan menyediakan bibit unggul bagi petani, " Sebut Sutan Riska dalam sambutannya yang disampaikan dihadapan Forkopimda, undangan dan unsur masyarakat pada kegiatan itu. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 20:38:46 WIB

    Beramal Sambil Salurkan Hobi, Masyarakat Lingkuang Aua Panen Ikan Larangan Batang Tian

    Beramal Sambil Salurkan Hobi, Masyarakat Lingkuang Aua Panen Ikan Larangan Batang Tian HARIANHALUAN.COM - Beramal sambil melepas hobi, puluhan masyarakat memenuhi Batang Tian untuk mengambil ikan larangan dengan alat tangkap ikan tradisonal, Sabtu (18/7/2020). Sungai tersebut terletak di Nagari Lingkuang Aua, K.
  • Ahad, 19 Juli 2020 - 18:39:18 WIB

    Program Irigasi Batang Anai II Mulyadi Buat Petani Lancar Panen Padi

    Program Irigasi Batang Anai II Mulyadi Buat Petani Lancar Panen Padi HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi berkontribusi nyata untuk pembangunan Irigasi Batang Anai II di Padang Pariaman. Program tersebut diperjuangkan Mulyadi agar para petani dapat lancar menanam p.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 07:34:45 WIB

    Dukung Ketahanan Pangan, Kapolda Sumbar Panen Padi di Padang

    Dukung Ketahanan Pangan, Kapolda Sumbar Panen Padi di Padang HARIANHALUAN.COM - Panen raya padi dalam mendukung ketahanan pangan Nasional kembali dilakukan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmantobersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Forkopimda Sumbar..
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 17:11:20 WIB

    Sutan Riska Panen Perdana 'Padi Moeldoko'

    Sutan Riska Panen Perdana 'Padi Moeldoko' HARIANHALUAN.COM  - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melakukan panen perdana padi varietas M70D atau dikenal dengan "Padi Moeldoko" bersama petani yang tergabung Kelompok Tani  Handayani II, .
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:04:22 WIB

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen PASBAR, HARIANHALUAN.COM  - Gonjang ganjing tentang kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayah Pasbar membuat para petani menjadi gerah. Pasalnya petani harus membeli pupuk non subsidi dengan harga yang mahal. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]