Webinar STIKes Alifah Seri II, Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa


Kamis, 09 Juli 2020 - 18:20:44 WIB
Webinar STIKes Alifah Seri II, Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa Tangkapan layar webinar.

HARIANHALUAN.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Alifah Padang kembali menggelar seminar dalam jaringan atau lebih dikenal dengan Webinar pada Kamis (9/7/2020). Seminar kali ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian seminar berseri, dimana pada seri pertama digelar pada Kamis (2/7/2020) dengan tema Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19.

Pada seri kedua ini tema yang diangkat adalah Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa. Tampil sebagai pembicara Prof. Dr. Herri, M.BA, Kepala LLDIKTI Wilayah X dan Dr. Nofrion, M.Pd dari Universitas Negeri Padang.

Prof Herri dengan tema spesifik Penerapan Integritas Suasana Akademik Selama Pembelajaran Jarak jauh mengawali seminar dengan menekankan pentingnya kesungguhan dan keseriusan semua sivitas akademika dalam menjalankan fungsinya masing-masing agar tujuan yang ingin dicapai dalam proses belajar-mengajar tetap dapat tercapai secara efektif dan efisien.

"Dibutuhkan integritas dari dosen dan mahasiswa agar tujuan bisa tercapai secara maksimal," ungkap Prof Herri.

Lebih lanjut Ia mengatakan pentingnya manajemen waktu dalam pembelajaran jarak jauh. Menurutnya metode pembelajaran jarak jauh maupun dalam jaringan (daring) dan tatap muka dari sisi materi tetaplah sama, yang menjadi pembeda hanyalah ruang. Sementara dari sisi waktu, bisa disesuaikan dengan jadwal akademik yang telah ditetapkan. Karena itu menurutnya dosen dan mahasiswa bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Dr. Nofrion, M.Pd dalam sesinya yang mengangkat tema Tips Pembelajaran Online yang Disenangi oleh Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 mengatakan, pada dasarnya materi kuliah akan lebih mudah diterima dan dicerna mahasiswa jika materi disukai. Pada konteks ini disukai bukan  hanya masalah materi semata, tetapi juga terkait dengan cara menyuguhkannya.

"Ciptakan cara penyampaikan yang disenangi dan terlibat dalam tren atau media yang lazim digunakan oleh generasi saat ini, maka proses pembelajaran online selama pandemi menjadi lebih mudah," ungkap Nofrion.

Secara umum Webinar yang dimoderatori oleh Wilda Tri Yuliza, SKM, M.Kes dari Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Alifah tersebut berjalan lancar dan hangat. Kegiatan ini juga bisa diikuti melalui live streaming YouTube di akun resmi STIKes Alifah Padang Official.

Untuk Webinar selanjutnya akan diadakan pada Kamis (16/7/2020) dengan tema Peran Profesional Tenaga Kesehatan Pada Masa New Normal.
Webinar ini terbuka untuk umum. Buat anda yang ingin menambah ilmu, jangan lupa mengikuti Webinar STIKes Alifah minggu depan. Peserta akan memdapatkan E-Sertifikat ber-SKP IBI, PPNI dan IAKMI. (*)
 

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]