Pertemuan dengan Walikota, Perguruan Thawalib Belajar Secara Tatap Muka


Kamis, 09 Juli 2020 - 20:08:11 WIB
Pertemuan dengan Walikota, Perguruan Thawalib Belajar Secara Tatap Muka Ketua Yayasan Thawalib H. Ali Usman Syuib

HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang akan melakukan belajar secara tatap muka pada tahun ajaran baru 2020/2021. Keputusan tersebut setelah walikota Padang Panjang Fadly Amran memberikan ijin sekolah swasta untuk belajar secara tatap muka.

Keputusan belajar tatap muka tersebut setelah dilakukan pertemuan Walikota Padang Panjang Fadly Amran dengan pimpinan pesantren se Padang Panjang di balaikota, Kamis sore (9/7/2020).

Ketua Yayasan Thawalib Padang Panjang H. Ali Usman Syuib yang hadir dalam pertemuan dengan walikota mengatakan, keputusan yang disampaikan dalam pertemuan kamis sore sangat bijak dan memperhatikan kepentingan pesantren. "Alhamdulillah tadi dalam rapat pimpinan pesantren dengan Pak Walikota, disampaikan bahwa pengelola pesantren diberikan otonom dalam belajar tatap muka," ujarnya.

Dijelaskan Ali Usman Syuib, pertemuan dengan walikota pukul 16.00 wib sampai menjelang magrib, dengan keputusan yang tepat. "Jadi sekolah seperti pesantren diberikan ijin untuk belajar secara tatap muka," katanya.

Dengan keputusan dalam rapat bersama. walikota itu,.maka Perguruan Thawalib sudah menetapkan bahwa untuk tahun ajaran baru 2020/2021 dilakukan secara tatap muka.

Pemeriksaan Swab

Ali Usman yang juga pengusaha Toko Besi Hidayah ini mengatakan bahwa keputusan walikota tersebit diikuti dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengelola pesantren. "Jadi belajar tatap muka bisa dilakukan dengan syarat secara protokol kesehatan," ujarnya.

Protokol kesehatan yang ditekankan walikota adalah selama proses belajar mengajar, maka para santri harus menggunakan masker, harus dicek suhu badan, harus jaga jarak dan cuci tangan. "Masalah Protokol Kesehatan sangat ditekankan oleh Pak Walikota agar dipenuhi oleh pengelola pesantren," katanya.

Dari hasil pertemuan itu, maka Perguruan Thawalib memutuskan akan belajar secara tatap.muka. "Insya Allah secara teknis kami akan atur dan persiapan belajar secara tatap muka sebagaimana yang disampaikan walikota," kata Ali Usman.

Hal lain yang sangat menggembirakan bahwa Pemda Padang Panjang menyediakan pemeriksaan swab secara gratis bagi para santri yang akan masuk asrama. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tim kesehatan Pemda Padang Panjang.

"Alhamdulillah Pak Walikota menyampaikan dalam pertemuan, bahwa pemda menyediakan pemeriksaan secara swab bagi santri. Pemeriksaan tersebut sepenuhnya tanggung jawab pemda," kata Ali Usman.
Dengan informasi yang disampaikan oleh walikota tersebut, maka seluruh santri Thawalib nantinya akan diperiksa secara swab sebelum masuk asrama.

Mengenai jadwal masuk asrama dan mulai belajar tatap muka di Perguruan Thawalib, kata Ali Usman, masalah tersebut sedang dibahas dan dipersiapkan secara baik oleh unit sekolah dan pengelola asrama.
"Para wali santri akan diberikan informasi dan jadwal tentang kapan masuk asrama, kapan belajar tatap muka dan sebagainya," ujar Ali Usman.

Rencananya santri Thawalib baik putra maupun putri akan diatur datang dan masuk asrama secara bergelombang, tidak sekaligus, agar mudah dilakukan pemeriksaan dan dijalankan protokol kesehatan. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]