DPRD Solsel Dorong Percepatan Penanggulangan Abrasi Tebing Sungai Batang Bangko


Kamis, 09 Juli 2020 - 21:48:38 WIB
DPRD Solsel Dorong Percepatan Penanggulangan Abrasi Tebing Sungai Batang Bangko Kegiatan Reses anggota DPRD Solsel Dapil III di aliran Sungai Batang Bangko. Jefli

HARIANHALUAN.COM - DPRD Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mendorong instansi terkait untuk mempercepat penanggulangan abrasi tebing sungai Batang Bangko di Jorong Bangko Ulu, Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Solsel, Armen Syahjohan ketika reses bersama anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) III di Kecamatan Sungai Pagu dan Pauh Duo.

"Kami mengharapkan kepekaan pemerintah daerah dalam penanggulangan abarasi tebing. Bahkan tebing sungai itu sudah nyaris rata dengan kawasan persawahan atau perkampungan warga," katanya Kamis, (9/7/2020).

Apabila terlambat atau berlalai-lalai, imbuhnya maka akan berakibat fatal. "Sedikit saja sungai itu meluap akan bisa berdampak kerugian materi berupa areal persawahan dan pemukiman, juga mengancam korban jiwa nantinya. Kita sebagai lembaga pengawasawan kinerja pemerintah daerah akan selalu mendorong sampai ada tindaklanjut dari instansi terkait," tegasnya.

Terpisah, Wali Nagari Bomas Koto Baru, Yuli Herman didampingi Ketua Bamus, Mairinaldo Saputra dan Wali Jorong Bangko, Ifdal mengatakan akibat luapan sungai itu selain abarsi juga menyebabkan kepala irigasi sawah warga rusak dan tidak dialiri air.

Akibatnya, sekitar 10 hektare (ha) persawahan masyarakat saat ini mengalami kekeringan yang tersebar di empat jorong. Yakni, Bangko Ulu, Bangko Tangah, Bangko dan jorong Bangko Ampera.

"Selain itu, akibatnya juga menyebabkan bau busuk di aliran irigasi akibat air tidak mengalir, sebab juga menjadi tempat pembuangan MCK oleh sebagian warga," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Rusdi Harmen selaku  Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Solsel yang hadir saat itu menyatakan, pihaknya bakal mengambil langkah pertama, melaporkan ke pimpinan.

Selanjutnya, pihaknya juga telah menyurati pihak Balai Sungai Wilayah V Sumbar. Dan tim sudah menuju ke Padang untuk meminta bantuan Bronjong. "Jika tidak terkabul maka akan diupayakan melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD kabupaten," katanya.

Dia mengatakan, kebutuhan pengaman tebing dengan pasangan Bronjong, imbuhnya setidaknya untuk panjang 204 meter. "Sedangkan untuk di Bulantiak sudah mulai dikerjakan melalui BTT APBD kabupaten dan hanya tinggal pasang kawat Bronjong. Itu merupakan inisiatif Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan," bebernya.

Kegiatan reses difokuskan pada tiga titik yakni, di lokasi revitalisasi kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Nagari Koto Baru, di Jorong Bangko Ulu, Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu meninjau lokasi abrasi sungai Batang Bangko dan di Jorong Bulantiak, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, meninjau lokasi pasca banjir.

Reses dihadiri anggota DPRD dari Dapil III diantaranya, Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan anggota DPRD, Roni Ismaji, Albert Arifin,Afrizal Dt.Rajo Jalil, Mon Nofrial, Edi Susanto, Wahyu Hidayat, Yendri Susanto dan Zulfikar Erwandi. Beserta unsur Forkompincam, Pemerintahan Nagari dan Tokoh Masyarakat. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]