Studi Terbaru Sebut Covid-19 Bisa Memicu Kerusakan Otak


Jumat, 10 Juli 2020 - 06:40:41 WIB
Studi Terbaru Sebut Covid-19 Bisa Memicu Kerusakan Otak ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM – Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa virus korona tidak hanya menyerang paru-paru, tapi juga dapat menyebabkan kerusakan fatal pada saraf otak. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Brain, Oxford Academy. Penelitian dilakukan kepada pasien korona yang mengalami pembengkakan pada otak disebabkan delirium (rasa bingung, lupa, dan kurang sadar).

Penelitian ini memeriksa 43 pasien antara usia 16 – 85 tahun. Semua pasien dirawat di National Hospital of Neurology and Neosurgery di London antara 9 April – 15 Mei 2020. Penelitian yang berdasarkan pengamatan dokter ini, tidak memberikan gambaran keseluruhan tentang tingkat komplikasi otak yang disebabkan Korona.

"Kami melihat bagaimana Covid-19 berefek pada otak, sesuatu yang belum pernah kami saksikan dari penyakit-penyakit sebelumnya," kata Michael Zandi, salah satu penulis studi, dilansir The Guardian, Kamis (9/7/2020).

Lebih dari 40 pasien Covid-19, penyakit komplikasinya berkisar dari peradangan otak dan delirium hingga kerusakan saraf dan stroke. Beberapa kasus menunjukan, masalah neurologis merupakan gejala utama pasien. Sebanyak 12 pasien mengalami peradangan sistem saraf pusat, 10 memiliki penyakit pembengkakan parah pada otak, disertai delirium. 

Lalu, 8 pasien mengalami stroke dan 8 lagi mengalami masalah saraf perifer. Sebagian besar pasien didiagnosis sebagai sindrom Guillain-Barré, yakni reaksi kekebalan yang menyerang saraf dan menyebabkan kelumpuhan. Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa Covid-19 tak hanya berkaitan dengan paru pasien. Bisa saja, paru dalam kondisi baik namun otak tidak. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]