Waduh, Ada Jenderal yang Pernah Terseret Kasus L/C Fiktif Maria Pauline


Jumat, 10 Juli 2020 - 07:17:47 WIB
Waduh, Ada Jenderal yang Pernah Terseret Kasus L/C Fiktif Maria Pauline ilustrasi pembobolan bank

HARIANHALUAN.COM - Diekstradisinya buronan kasus pembobolan bank BNI senilai Rp1,7 triliun, Maria Pauline Lumowa mengingatkan kembali pada dua pensiunan jenderal yang pernah terseret kasus tersebut. Dua pensiunan jenderal yang terseret kasus pembobolan bank BNI dengan tersangka utama Maria Pauline dan Adrian Waworuntu itu telah mendapatkan vonis dan menjalani masa tahanan.

Maria Pauline Lumowa, tersangka pembobolan Bank BNI Cabang Kebayoran Baru lewat letter of credit (L/C) fiktif, ditangkap oleh Interpol Serbia dan diekstradisi ke Indonesia, Kamis (9/7/2020) setelah menjadi buron selama 17 tahun. Mantan Kabareskrim Polri tahun 2004-2005, Komjen Pol (Purn) Suyitno Landung dan Mantan Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjend Pol Samuel Ismoko ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan wewenang.

Suyitno divonis 1 tahun 6 bulan penjara serta denda Rp50 juta subsider 6 bulan kurungan oleh PN Jakarta Selatan, 10 Oktober 2006. Suyitno terbukti menerima mobil Nissan X Trail senilai Rp247 juta dari Adrian Waworuntu melalui Ishak, konsultan bisnis Adrian. Mobil yang diterima Suyitno dimaksudkan untuk memuluskan lepasnya Adrian dari penyidikan. Suyitno bebas pada 5 Juni 2007 dan menjadi pengacara selepas menjalani masa tahanan. 

Sementara, Ismoko divonis penjara 1 tahun 8 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 1 bulan kurungan oleh PN Jakarta Selatan pada 26 September 2006. Vonis itu lebih rendah dari tuntutan JPU 3 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair enam bulan kurungan. Ismoko dinilai terbukti bersalah karena menerima hadiah 10 travel cek senilai Rp250 juta dan menerima suap Rp15,5 miliar dari Adrian Waworuntu dengan konsekuensi agar aset Adrian tidak disita.

Ismoko membantah menerima Rp15,5 miliar dan sempat banding ke PT DKI Jakarta dan berhasil mengurangi masa pidananya selama 5 bulan pada Januari 2007. Ismoko resmi bebas pada 8 Februari 2007. Sedangkan, Adrian Waworuntu, konsultan investasi PT Sagared Team divonis hukuman penjara seumur hidup pada 30 Maret 2005 oleh PN Jaksel serta upaya PK-nya ditolak Mahkamah Agung pada 18 November 2013. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]