Bertemu Mensos RI, Ini Bocoran Pembicaraan Bupati Dharmasraya


Jumat, 10 Juli 2020 - 13:18:39 WIB
Bertemu Mensos RI, Ini Bocoran Pembicaraan Bupati Dharmasraya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat bertemu Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara, di Kantor Kementerian Sosial RI di Jakarta, Jumat (10/07).

HARIANHALUAN.COM - Membahas tindak lanjut program pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia, Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menemui Menteri Juliari Batubara di Jakarta, tepatnya di Gedung Kementerian Sosial RI, Jumat (10/07). 

Dalam pertemuan itu, Bupati Sutan Riska melakukan audiensi dengan Menteri Juliari, guna membahas sejumlah isu penting terkait kegiatan kementerian itu untuk wilayah Kabupaten Dharmasraya, khususnya menyangkut upaya percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di bidang pengentasan kemiskinan. 

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial P3APPKB, Bobby Perdana Riza, di Jakarta,  Bupati Sutan Riska pada kesempatan itu meminta pihak Kementerian Sosial bisa menambah kuota untuk program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Kabupaten Dharmasraya karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Alhamdulillah, permintaan bapak bupati ini diapresiasi positif oleh bapak menteri segera," ujarnya. 

Kemudian, lanjutnya, terkait kondisi kebencanaan pandemi Covid-19, Menteri Juliari langsung memerintahkan Dirjen Linjamsos untuk menambah kuota bantuan beras untuk Kabupaten Dharmasraya, di mana sebelumnya sudah mendapatkan beras 100 ton akan segera ditambah sebanyak 100 ton hingga 300 ton lagi sesuai kebutuhan.

Ia menambahkan, kondisi Kabupaten Dharmasraya yang termasuk rawan bencana terutama banjir, juga menjadi poin bahasan Bupati Sutan Riska dengan Menteri Juliari. 

"Bupati bermohon agar pihak Dinas Sosial Kabupaten Dharmasraya bisa dibantu penyediaan unit kendaraan pengangkut logistik, demi memudahkan suplai bantuan ke daerah-daerah terdampak bencana jika sewaktu-waktu dibutuhkan," ungkapnya. 

Terkait Program Bansos Rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), pihaknya juga meminta agar bisa diberikan kembali kuota untuk Kabupaten Dharmasraya. 

Karena, lanjutnya, bantuan rehab rumah dari pihak Kemensos ini menjadi favorit bagi masyarakat, mengingat bansosnya tidak terlalu mengikat secara teknis.

Terkait kinerja pihak Dinas Sosial setempat, tambahnya, pada kesempatan itu Menteri Juliari juga mengapresiasi Program Inovasi Pemkab Dharmasraya "SAD TO HAPPY" yang masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik.

"Pihak Kemensos berjanji akan turut membantu menaikkan taraf hidup saudara kita masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukim di wilayah Kabupaten Dharmasraya," tutupnya.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 16:07:11 WIB

    PWI Tanah Datar Bertemu BPJS, Bahas Soal Daftar BP Jamsostek

    PWI Tanah Datar  Bertemu BPJS, Bahas Soal Daftar BP Jamsostek HARIANHALUAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pembantu Tanah Datar menggelar pertemuan di gedung TP-PKK di komplek Indojol.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 17:30:08 WIB

    Datangi KPU Sumbar untuk Minta Maaf, Rita Sumarni Gagal Bertemu Amnasmen

    Datangi KPU Sumbar untuk Minta Maaf, Rita Sumarni Gagal Bertemu Amnasmen HARIANHALUAN.COM - Rita Sumarni mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, berharap untuk tidak memperpanjang permasalahan atas sikap tidak menyenangkan yang dilakukannya terhadap Ketua KPU Sumbar, Amnasmen..
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:01:16 WIB

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya?

    Mahyeldi Bertemu Irfendi Arbi di Limapuluh Kota, Ada Apa Ya? LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras pada Minggu (22/3/2020) sore, tidak menyurutkan niat Walikota Padang, Mahyeldi untuk berkunjung ke rumah dinas Bupati Limapuluh Kota yang berada di Kota Payakumbuh. Kedatangan o.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 12:23:44 WIB

    Bertemu Sekjen Geindra, Nasrul Abit Kian Pede

    Bertemu Sekjen Geindra, Nasrul Abit Kian Pede JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Di tengah hiruk pikuk geliat Pilkada di Sumbar, Ketua Dewan Pembina DPD Gerindra Sumbar Nasrul Abit terus melakukan komunikasi dengan perangkat-perangkat utama partai. Pria yang kini masih mengem.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 20:26:51 WIB

    Difasilitasi Ferizal Ridwan, Warga Lubuk Limpato Bertemu dengan Pihak ICBS

    Difasilitasi Ferizal Ridwan, Warga Lubuk Limpato Bertemu dengan Pihak ICBS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang Kecamatan Harau melakukan pertemuan sekaligus silaturahmi dengan pihak ICBS (Insan Cendikia Bording School) yang berlokasi di Lubuk Limpato.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]