Virus Corona Bisa Dicegah Menular Lewat Udara, Begini Caranya


Jumat, 10 Juli 2020 - 15:11:03 WIB
Virus Corona Bisa Dicegah Menular Lewat Udara, Begini Caranya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbaharui panduan soal penyebaran dan penularan virus Corona. Setelah mendapat kritikan dari ratusan ahli, WHO memasukan airborne ke sebagai bagian dari mode transmisi atau penularan vitus Corona.

Sebagai penyakit pernapasan, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana, Prof Dr Drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika, menyebut COVID-19 memang berpeluang dan berpotensi menular melalui aerosol atau partikel udara yang terinfeksi COVID-19. Penularan secara aerosol ini biasanya terjadi di tempat tertutup seperti rumah sakit, laboratorium, atau transportasi umum.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona lewat udara?

"Yang sederhana adalah usahakan ventilasi alami. Buka jendela dan pintu," kata Mahardika dalam siaran BNPB, Jumat (10/7/2020).

Tempat tertutup memang berpotensi menularkan virus Corona, terlebih jika kondisi udara cukup dingin sehingga menjaga sirkulasi udara cukup penting untuk mencegah transmisi virus Corona. Adanya sirkulasi udara yang baik memungkinkan pergantian udara terjadi dengan cepat sehingga mengurangi kemungkinan terpapar Corona dari partikel aerosol.

Selain itu, anggota tim pakar medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Budiman Bela, SpMK(K), menekankan pentingnya mengenakan masker meski berada di dalam ruangan dan tetap menjaga jarak antar satu sama lain ketika di kantor atau ruang tertutup lainnya.

"Pada saat itu aktivitas yang berpotensi mengeluarkan virus seperti berbicara atau bernyanyi atau batuk, akan tertampung oleh masker. Jadi untuk pencegahannya tetap gunakan masker," sebut dr Budiman.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:21:05 WIB

    Pakar: Puncak Virus Corona di Indonesia Belum Bisa Diperkirakan

    Pakar: Puncak Virus Corona di Indonesia Belum Bisa Diperkirakan HARIANHALUAN.COM - Belakangan ini, tren penambahan kasus baru lebih dari 1.000 dan pernah mencapai 2.000 kasus sering dialami Indonesia. Sehingga jumlah pasien positif virus corona sampai 4 Agustus 2020, sudah mencapai 115.05.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:23:37 WIB

    Diduga Terinfeksi Virus Corona, Ternyata Anak Ini Idap Leukemia

    Diduga Terinfeksi Virus Corona, Ternyata Anak Ini Idap Leukemia HARIANHALUAN.COM - Karena takut anaknya terinfeksi Corona,  seorang ibu Lisa Marie Harry, langsung membawa anaknya ke rumah sakit pada 27 Juli 2020 lalu untuk menjalani pemeriksaan medis.  Anak laki-laki berusia 12 tahun it.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 19:12:54 WIB

    Lengan Terasa Disengat, Kelelahan, Kabut Otak, Gelaja Baru Virus Covid-19

    Lengan Terasa Disengat, Kelelahan, Kabut Otak, Gelaja Baru Virus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Selama ini gejala virus Corona atau Covid-19 yang dialami pasien diawali dengan batuk, pilek, demam, dan sulit bernapas. Ternyata tak hanya itu, penelitian mengungkapkan bahwa gejala virus Corona juga bisa .
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 20:23:44 WIB

    Demi Vaksin, Para Ilmuwan Minta Relawan Disuntik Virus Corona

    Demi Vaksin, Para Ilmuwan Minta Relawan Disuntik Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 100 ilmuwan terkemuka, termasuk 15 orang penerima Hadiah Nobel, menandatangani surat terbuka kepada Francis Collins, kepala National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat untuk meminta uj.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 13:10:53 WIB

    WHO Sebut Virus Covid-19 Sudah Ada Sejak Lama

    WHO Sebut Virus Covid-19 Sudah Ada Sejak Lama HARIANHALUAN.COM – Setiap hari, para ilmuwan dan pakar kesehatan menemukan pengetahuan baru tentang virus corona atau COVID-19 yang mematikan itu. Dan sebuah laporan baru-baru ini menyatakan bahwa virus SARS-CoV-2, sudah .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]