PPNP Segera Buka Program Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan


Jumat, 10 Juli 2020 - 15:51:23 WIB
PPNP Segera Buka Program Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Jajaran civitas Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP)

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP) akan membuka program Pascasarjana (S2) Magister Terapan Ketahanan Pangan. Usulan tersebut sedang dalam proses di Kemendikbud. Saat sekarang program tersebut sedang dalam proses penyusunan dokumen seperti Buku Panduan Magister Terapan.

Buku Panduan Magister Terapan tersebut merupakan pegangan bagi mahasiswa Magister Terapan nantinya dalam menjalani perkuliahannya. Kemudian, untuk mendukung pembukaan program Magister Terapan PPNP telah menyediakan sarana prasarana memadai serta telah memiliki 20 dosen berpendidikan S3 atau bergelar Doktor.

Langkah awal, PPNP akan menerima mahasiswa baru dengan spesifikasi kelas non reguler yaitu pelamar dari dunia kerja dan kelas reguler bagi pelamar belum bekerja. Program Magister Terapan Ketahanan Pangan PPNP menawarkan program pendidikan dan pengajaran yang berhubungan dengan  ketersediaan pangan dan akses pangan tropis serta pangan lokal secara terpadu (terintegrasi) berskala industri yang berorientasi kepada technopreneurship.

Hal tersebut dipersiapkan dalam rangka menghasilkan lulusan dengan kemampuan sebagai manajer dan konsultan di instansi pemerintah dan swasta di bidang ketahanan pangan serta sebagai wirausahawan atau pelaku bisnis di bidang pangan.

Lulusan yang bisa mendaftar pada program pascasarjana ini mencakup semua sektor bidang pertanian untuk produk pangan seperti lulusan D4 dan S1 dalam bidang pertanian dan atau yang telah berpengalaman bidang pertanian di tempat kerja selama 4 tahun. Untuk penerapan beban akademik setara 43 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester dengan persentase pembelajarannya meliputi 30 persen teori dan 70 persen praktik.

Program Magister Terapan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja. Selain aspek teknis yang semakin dimatangkan, maka aspek soft skills dan kepemimpinan merupakan karakter lulusan program ini.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]