Warga Nagari Situmbuak Dibekali Penyuluhan Hukum


Jumat, 10 Juli 2020 - 16:48:39 WIB
Warga Nagari Situmbuak Dibekali Penyuluhan Hukum Penasehat hukum memberikan penyuluhan pada warga di Nagari Situmbuak. FERI MAULANA

HARIANHALUAN.COM - Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpauang menggelar penyuluhan hukum bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fiat Justitia Batusangkar, Jumat (10/7). 
LBH Fiat Justitia edukasi puluhan masyarakat Nagari Situmbuak memberikan penyuluhan bantuan hukum dan hukum perdata adat Minangkabau di Gedung Serba Guna Nagari.

Pemateri disampaikan tiga pengacara yang tergabung di LBH Fiat Justitia yaitu Yonnefit Albasri, Mustafa Akmal dan Lola Juita.
Ketua LBH Yonnefit Albasri memaparkan  persoalan hukum yang sering dialami masyarakat, pidana dan perdata termasuk hukum perdata adat Minangkabau. 

"Kita bersyukur pada pemerintah kita melalui Kemenkumham yang telah menganggarkan dana bantuan hukum untuk warga kurang mampu. LBH kita sudah terverifikasi dan sudah lolos uji kompetensi, saat ini delapan di Sumbar yang lolos verifikasi, Bantuan hukum ini lebih banyak mengarah untuk bantuan masyarakat kurang mampu. Jika untuk bertanya silahkan datang ke LBH," kata Datuak Yonefit saat menerangkan pertanyaan warga.

Dikatakan, apapun masalah yang menyangkut persoalan hukum ia mempersilahkan warga untuk bertanya ke LBH. "Di Pengadilan juga ada pos hukum kita, tidak membayar silahkan datang konsultasi, cukup mengisi formulir bagi yang jurang mampu. Advokad pemberi bantuan hukum harus profesional, sama dalam melayani bapak dan ibu tidak ada perbedaan dengan warga yang mampu, kita juga ada sumpah jabatan tidak dibenarkan melanggar kode etik," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa jenis bantuan hukum itu banyak seperti pembuatan draf, pendampingan, konsultasi termasuk penyuluhan.
"Jika terdapat masalah perkara pidana agar segera konsultasikan, nanti jika sudah dapat bantuan hukum, jangankan dijentik dihardik saja tidak boleh, kini masih ada kekerasan pada masyarakat pada penegak hukum," katanya.

Mustafa Akmal, juga menyarankan agar memdampingi anak kemenakan jika dipanggil penyidik atau telah disidang. "Perlu dukungan moral pada anak dikeluarga, apa lagi kasus narkoba, jangan biarkan mereka sendiri. Kadang mereka belum tentu bersalah, baru diperiksa atau disidang, nanti vonis hakim bisa jadi mereka bebas," kata Mustafa.

Sementara Wali Nagari Situmbuak Epi Mardian juga menyebutkan program yang perdana di nagari itu mampu membuka wacana masyarakat tentang hukum. "Banyak di sekitar kita atau keluarga dan kita sendiri terlibat persoalan kukum ini, pengetahuan hukum ini seperti maka samba lado, tidak puas-puasnya kita menerimanya dan hukum selalu diperbaharui. Kita usahakan nanti bisa dilanjutkan penyuluhan ini, LBH secara swadaya memberikan penyuluhan kepada kita. Ini untuk menambah sumber daya masyarakat kita," kata Epi. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]