Metode Pembelajaran Tatap Muka untuk Siswa di Mentawai Ditunda


Jumat, 10 Juli 2020 - 17:33:54 WIB
Metode Pembelajaran Tatap Muka untuk Siswa di Mentawai Ditunda Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet saat konferensi pers, Jumat (10/07).

HARIANHALUAN.COM - Rencana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Mentawai membuka sekolah melalui metode tatap muka pada 13 Juli 2020 mendatang terpaksa ditunda, karena adanya kasus Covid-19 yang melonjak tinggi di masa new normal ini.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet kepada wartawan saat konferensi pers, Jumat (10/07), di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Mentawai, yang mana sebelumnya Pemkab Mentawai sudah membuat aturan tentang penerapan sekolah tatap muka untuk tingkat SMP.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, jadi dalam konteks pendidikan di Mentawai diberi beberapa opsi diantaranya opsi tatap muka, tatap maya dan pembelajaran jarak jauh, jadi karena melihat situasi lonjakan kasus secara nasional mencapai 2657 kasus, maka harus ada unsur kehati-hatian, opsi yang kita ambil adalah pembelajaran jarak jauh," kata Yudas.

Menurutnya untuk menerapkan metode pembelajaran tatap muka perlu ada persiapan yang matang, yang mana kata dia siswa dan para tenaga pengajar di Mentawai belum terbiasa dengan kondisi sekolah di masa pandemi Covid-19 ini.

"Diperlukan masa transisi, sekarang ini kita belum terbiasa menghadapi anak-anak murid di sekolah dengan situasi Covid-19 dan ini menjadi Kekhawatiran kita, untuk itu, lebih baik kita waspada dari pada mengambil langkah uji coba yang belum pasti," tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai Oreste Sakeru menyebutkan bahwa penerapan metode pembelajaran jarak jauh akan dimulai pada tanggal 13 Juli sampai 30 Agustus ke depan.

Selanjutnya, kata dia, penerapan sistem tatap muka dilaksanakan. 

"Meski demikian, kita tetap akan melihat situasi secara nasional, apabila kasus ini melandai, maka kemungkinan secara bertahap akan dimulai pembelajaran dengan tatap muka, tetapi apabila semakin melonjak maka kita tunggu aturan kebijakan lainnya," paparnya.(*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 18:20:44 WIB

    Webinar STIKes Alifah Seri II, Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa

    Webinar STIKes Alifah Seri II, Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa HARIANHALUAN.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Alifah Padang kembali menggelar seminar dalam jaringan atau lebih dikenal dengan Webinar pada Kamis (9/7/2020). Seminar kali ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaia.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 10:02:19 WIB

    PPDB Dibuka Hari Ini, Pahami Metode Penerimaan Siswa Baru SMP

    PPDB Dibuka Hari Ini, Pahami Metode Penerimaan Siswa Baru SMP HARIANHALUAN.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi calon siswa sudah mulai dibuka di Sumatra Barat (Sumbar), namun di wabah pandemi yang masih melanda daerah ini, terdapat beberapa perbedaan dalam penerimaan calon s.
  • Senin, 10 Februari 2020 - 22:16:48 WIB

    Guru TPQ Dilatih Tingkatkan Metode Belajar Kekinian

    Guru TPQ Dilatih Tingkatkan Metode Belajar Kekinian PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ/TQA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di Kota Padang, Pemko Padang melalui Bagian Kesehjateraan Rakyat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]