PKS Sumbar Semakin Retak?


Jumat, 10 Juli 2020 - 18:57:51 WIB
PKS Sumbar Semakin Retak? Pegiat Media Sosial, Yovaldri Riki Putra.

HARIANHALUAN.COM - PKS sepertinya sudah mengajukan nama Mahyeldi Ansharullah sebagai calon gubernurnya. Tidak semua tokoh yang sudah berdarah-darah membangun partai itu tampak senang. Ya, dinamika politik memang seperti itu seharusnya. Ada yang setuju, tapi banyak juga yang tidak setuju.

Tidak hanya politisi senior Mahyeldi yang ingin jadi cagub dari PKS, tetapi Walikota Payakumbuh Riza Falepi juga ikut dalam pertarungan. Namun, alumnus Institut Teknologi Bandung tersebut harus minggir.

Riza pun tiba-tiba menyatakan dukungannya kepada Faldo Maldini-Febby Datuak Bangso. Meskipun pernyataannya masih berupa dukungan moril, paling tidak Riza tidak pernah juga menitipkan harapannya kepada Mahyeldi Ansharullah.

Sebagai politisi senior, Mahyeldi Ansharullah tampak begitu matang. Dia adalah sosok yang sangat taat pada pimpinan partainya. Meskipun sudah berjanji kepada warga Padang menyelesaikan persoalan sampai dua periode, tapi dia tetap harus mengikuti perintah partai yang memintanya maju di Pilgub 2020. Padahal, banjir Padang cukup meresahkan akhir-akhir ini.

Selain cerita soal Mahyeldi dan Riza, PKS Sumbar juga punya Gubernur yang sedang menjabat, Irwan Prayitno. Sosoknya mungkin sudah tidak terlalu dianggap. Jabatannya sudah mau habis. Karir politiknya pun dianggap tamat oleh oknum tertentu. Padahal, jasanya sangat besar terhadap tumbuhnya PKS di Sumatra Barat. Dia tampak seperti orang tua pesakitan dalam politik Sumatra Barat.

Namun kemarin, Gubernur IP memperlihatkan keakrabannya dengan pasangan Faldo-FDB. Pertemuan pun dilakukan cukup lama, kurang lebih sempilan puluh menit. Kemudian, Irwan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Faldo, sekaligus menyampaikan harapannya agar Faldo Maldini berkontribusi lebih banyak membangun Sumbar. Keakraban seperti ini tidak pernah tampak bersama Mahyeldi.

Jadi, apakah memang ada keretakan di tubuh PKS Sumbar? Diduga memang begitu. Yang jelas, kekuatan besar di dalam PKS begitu banyak dengan kepentingan masing-masing. Memang begitu dinamika politik. Nanti, kita juga terbiasa. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]