Lebih Ngeri dari Covid-19, Virus Ini Bikin Manusia Jadi Zombie


Jumat, 10 Juli 2020 - 19:41:51 WIB
Lebih Ngeri dari Covid-19, Virus Ini Bikin Manusia Jadi Zombie Zombie. Foto: U-Report

HARIANHALUAN.COM – Wabah zombie yang menjadi ketakutan sebagian besar umat manusia, ternyata bisa menjadi kenyataan, menurut para ilmuwan. Walaupun tidak mungkin orang mati akan bangkit dan memakan makhluk hidup, tapi para ahli berpikir wabah zombie bisa ada karena parasit yang mempengaruhi otak atau evolusi virus.

Dilansir dari VIVA Tekno dari laman Express, Jumat, 10 Juli 2020, parasit toksoplasmosa gondil yang menginfeksi otak tikus, disebut lebih berbahaya dari virus corona karena dapat memanipulasi perilaku hewan pengerat itu, membuatnya tidak takut ada di sekitar kucing.

Parasit mampu membuat tikus mendekati kucing, yang merupakan pemangsanya. Hal kecil ini ternyata menjadi perhatian ilmuwan, mereka berpikir seberapa mirip manusia dengan tikus. Itu sebabnya, hewan ini digunakan untuk menguji obat dan terobosan medis.

Diyakini, separuh manusia di dunia memiliki parasit yang tidak aktif pada otak mereka dalam bentuk kista yang diklaim tidak berbahaya. Beberapa orang dengan imun berbeda, parasit dikaitkan dengan skizofrenia yang bisa membuat seseorang bunuh diri.

Penelitian dari University of California mengungkapkan, parasit lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya. Ilmuwan yang terlibat dalam penelitian, Wendy Ingham mengatakan, tikus yang diuji tidak terpengaruh oleh keberadaan predator.

"Toksoplasma berbahaya. Gagasan bahwa parasit lebih tahu banyak tentang otak kita daripada kita sendiri, dan memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan yang diinginkan dalam perilaku hewan, benar-benar menarik," ujarnya.

Oleh sebab itu, para ahli percaya ada virus lain yang bisa menyebabkan manusia menjadi zombie. Profesor Ben Neuman percaya, virus seperti rabies dapat berevolusi dan menaklukkan manusia.

"Ada parasit di luar sana yang hampir membuat manusia menjadi zombie. Ada lebih banyak virus di luar sana daripada yang saat ini telah kita temukan. Saya bertaruh, bahwa di suatu tempat di alam, sesuatu seperti ini akan terjadi," katanya.

Ia melanjutkan, rabies bisa mengubah perilaku anjing. Ditransmisikan oleh gigitan, mengarah ke kegilaan dan kejang-kejang. Sehingga menurutnya, kemungkinan zombie terjadi pada manusia tidak terlalu mengada-ada. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:44:20 WIB

    Minyak atau Mentega untuk Memasak, Mana yang Lebih Sehat?

    Minyak atau Mentega untuk Memasak, Mana yang Lebih Sehat? HARIANHALUAN.COM - Minyak goreng dan mentega kerap digunakan sebagai pelengkap bahan masakan. Bahan tersebut sering digunakan untuk memasak lauk, hingga kue. Namun, antara minyak goreng dan mentega manakah yang paling sehat d.
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 19:41:11 WIB

    Hasil Riset Menyatakan Perempuan Lebih Banyak Alami Insomnia Selama Pandemi Corona

    Hasil Riset Menyatakan Perempuan Lebih Banyak Alami Insomnia Selama Pandemi Corona HARIANHALUAN.COM – Sebuah studi menunjukkan, pembatasan sosial atau lockdown yang dilakukan dampak dari pandemi corona memicu tingginya peningkatan dalam masalah tidur. Dan perempuan disebut-sebut memiliki kecenderungan yan.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:34:06 WIB

    Mana Lebih Akurat, Rapid Test atau Swab Test? Ini Kata Dokter

    Mana Lebih Akurat, Rapid Test atau Swab Test? Ini Kata Dokter HARIANHALUAN.COM - Kini melakukan rapid test dan swab test merupakan suatu keharusan karena bisa mengetahui apakah seseorang itu terdampak virus Corona atau Covid-19 atau tidak. Lalu, mana yang lebih akurat, atau harus dilaku.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 22:34:32 WIB

    Penularan Covid-19 Lewat Udara Lebih Berbahaya

    Penularan Covid-19 Lewat Udara Lebih Berbahaya HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta lebih waspada terhadap penyebaran virus corona yang saat ini .
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 08:38:05 WIB

    Wisata Kuliner Saat Pandemi, Lebih Aman Mana di Dalam atau Luar Ruangan?

    Wisata Kuliner Saat Pandemi, Lebih Aman Mana di Dalam atau Luar Ruangan? HARIANHALUAN.COM - Wisata kuliner pasti digemari bagi sebagian besar traveler. Lalu, lebih aman makan di dalam atau luar ruangan kalau kita pergi ke sebuah restoran di saat pandemi Corona?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]