Kian Mudah, Urus Izin Koperasi Sekarang Bisa Secara Online


Jumat, 10 Juli 2020 - 21:22:27 WIB
Kian Mudah, Urus Izin Koperasi Sekarang Bisa Secara Online Ilustrasi/Foto: unsplash

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan memudahkan proses perizinan koperasi melalui izin usaha mikro kecil (IUMK). Nantinya perizinan ini diproses melalui online single submission (OSS).

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Ahmad Zabadi mengungkapkan dengan proses tersebut maka koperasi bisa langsung mendapatkan izin usaha.

"Koperasi yang ingin usahanya dikembangkan atau mau mengajukan izin operasional dan membuka cabang tak perlu datang ke Dinas Koperasi dan Kemenkop. Lewat OSS dan selanjutnya akan dapat nomor induk izin berusaha (NIB) dan izin usaha," kata dia dikutip dari detik.com, Jumat (10/7/2020).

Menurut Ahmad untuk koperasi yang belum mengantongi izin usaha akan kesulitan karena masuk dalam koperasi ilegal.

"Banyak yang mengatasnamakan koperasi tapi mereka tidak mengantongi izin. Sudah banyak di berbagai daerah, ini merugikan koperasi, apalagi kami sudah membangun sistem yang menghubungkan koperasi legal dengan lembaga keuangan lain," jelas dia.

Dia menambahkan untuk para pihak yang ingin bermitra dengan koperasi harus melakukan verifikasi ulang terkait sertifikat nomor induk koperasi (NIK).

Hal ini sangat penting untuk kemudahan pelayanan administrasi badan hukum koperasi secara nasional dan menujukan aktivitas koperasi.

Menurut dia, jika koperasi tidak memiliki sertifikat NIK namun sudah punya NIK dikhawatirkan tidak melakukan rapat anggota tahunan (RAT) secara rutin.

"Dengan sertifikat NIK, ini akan meningkatkan kepercayaan dari pihak yang akan bermitra dan kepercayaan diri koperasi untuk menjalani usaha. Ini sangat penting untuk pengembangan ke depan," ujar dia. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 15:49:48 WIB

    Covid-19 Kian Mewabah, UMKM di Pasaman Terkena Dampaknya

    Covid-19 Kian Mewabah, UMKM di Pasaman Terkena Dampaknya PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Virus Korona, mulai memberikan dampak buruk pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman. Jika tidak segera diatasi, sejumlah UMKM akan gulung tikar alias mengal.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 08:48:39 WIB

    Wabah Corona Kian Merebak, Rupiah Kembali Melemah

    Wabah Corona Kian Merebak, Rupiah Kembali Melemah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah di perdagangan pasar spot pagi ini. Penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan membuat investor memburu dolar AS, ase.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 11:33:12 WIB

    Milenial Kian Melirik Startup EBT, Ini Jenis Energi yang Diincar

    Milenial Kian Melirik Startup EBT, Ini Jenis Energi yang Diincar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pengembangan bisnis Energi Baru Terbarukan (EBT) makin mendapatkan tempat di kalangan masyarakat terlebih bagi generasi milenial. Respon pasar yang positif terlihat dari mulai bermunculannya berba.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 16:14:58 WIB

    Kian Mudah..! Bank Mandiri Telah Sediakan KPR Secara Online

    Kian Mudah..! Bank Mandiri Telah Sediakan KPR Secara Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bank Mandiri menggandeng platform e-commerce Bukalapak dan Pinhome.id untuk memasarkan KPR secara online. Bank pelat merah ini menargetkan jumlah transaski sebesar Rp11 triliun..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 07:26:18 WIB

    Indonesia Dinilai akan Kian Sulit Tekan Kemiskinan, Kenapa?

    Indonesia Dinilai akan Kian Sulit Tekan Kemiskinan, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pengamat menilai angka kemiskinan di Indonesia akan semakin sulit diturunkan dalam beberapa waktu ke depan. Ini lantaran pertumbuhan ekonomi domestik yang semakin melambat beberapa waktu t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]