Harap Bersabar, Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 2 Minggu Lagi


Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:46:52 WIB
Harap Bersabar, Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 2 Minggu Lagi Ilustrasi kartu pra kerja

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja akan dibuka sekitar dua minggu lagi. Jadi, para calon peserta harap bersabar ya.

Airlangga mengatakan, ada 500.000 peserta yang akan diterima dalam gelombang 4 ini. Sedangkan yang sudah terdaftar dalam seleksi sebanyak 5 juta.

"Yang sekarang untuk online dalam waktu kira-kira 2 minggu akan dipersiapkan kembali dan ini akan masuk di gelombang ke 4 dan dipersiapkan untuk 500.000 dan yang sudah terdaftar di seleksi adalah 5 juta. Jadi ini proses yang terus berjalan dan Bapak Presiden sudah menerbitkan ketentuan baru atau Perpres baru terkait Kartu Pra Kerja," kata Airlangga dalam webinar yang diselenggarakan detikcom, Jumat (10/7/2020).

Ini Kata Guru Besar UI

Airlangga menjelaskan, pembukaan gelombang 4 molor karena sedang dilakukan evaluasi terhadap program ini. Pihaknya kesulitan untuk menentukan mana penerima peserta yang korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan.

"Kalau kita mau ngecek mana yang dirumahkan atau yang di PHK itu dampaknya tidak instan, itu memakan proses karena yang dirumahkan itu dalam arti standby untuk tidak digaji. Oleh karena itu pemerintah melakukan perbaikan terhadap proses Kartu Pra Kerja," ucapnya.

Selain itu, tidak adanya kesetaraan digital membuat pemerintah melakukan evaluasi dengan menyiapkan pelatihan secara tatap muka (offline). Pelatihan ini akan diselenggarakan setelah ada situasi new normal dan aman dari COVID-19.

"Kita akan berkoordinasi dengan Satgas COVID dimana pelatihan yang aman, protokolnya seperti apa karena kegiatan offline ini baru bisa dilakukan apabila aman dari COVID dan sudah ada situasi new normal," imbuhnya.

Kapan pelatihan tatap muka akan dimulai?

Airlangga mengatakan pelatihan tatap muka akan dimulai minggu ketiga dan keempat bulan Juli ini atau Agustus mendatang. Pelatihan ini akan disiapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Ini yang sedang disiapkan. Diperkirakan pada pertengahan, sesudah minggu ketiga, keempat (Juli) atau di bulan Agustus nanti sudah bisa dimulai dan akan didahului oleh program regular dari Kemnaker," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, saat ini Kemnaker sudah mencatat ada 1,7 juta peserta yang akan mengikuti pelatihan Pra Kerja secara tatap muka. Peserta itu didominasi oleh pendidikan terakhir SMP sehingga perlu dilakukan pembelajaran secara offline.

"Yang sudah tercatat di Kemnaker by name by address dan sudah terverifikasi sejumlah 1,7 juta. Ini sebagian besar pendidikannya SMP sehingga untuk pendidikan SMP proses pembelajarannya harus dipilih yang sifatnya secara offline," imbuhnya. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 07:59:35 WIB

    Dibuka Serentak 29 Juli, Wishnutama Berharap Bioskop Tak Jadi Klaster COVID-19

    Dibuka Serentak 29 Juli, Wishnutama Berharap Bioskop Tak Jadi Klaster COVID-19 HARIANHALUAN.COM - Bioskop bakal dibuka secara serentak mulai 29 Juli saat pandemi virus Corona belum tuntas. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Wishnutama Kusubandio berharap bioskop tak menjadi klaster bar.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 07:58:58 WIB

    Harap Bersabar, Gaji 13 PNS masih di Atas Langit

    Harap Bersabar, Gaji 13 PNS masih di Atas Langit HARIANHALUAN.COM - Gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) hingga kini belum cair. Padahal, biasanya gaji ke 13 cair setiap bulan Juli tiap tahunnya, sejalan dengan tahun ajaran baru sekolah. Hingga kini pun, pemerintah belum m.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 12:34:34 WIB

    Kinerja Kabinet Jauh dari Harapan, Presiden Marah

    Kinerja Kabinet Jauh dari Harapan, Presiden Marah HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menilai, ancaman keras yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada jajaran kabinet, menandakan kinerja para pembantunya memang jauh dari harapa.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 12:08:43 WIB

    Harap Bersabar, Pembukaan Monas Resmi Ditunda

    Harap Bersabar, Pembukaan Monas Resmi Ditunda HARIANHALUAN.COM - Wisatawan maupun Warga DKI Jakarta nampaknya harus kembali bersabar. Pembukaan Monumen Nasional atau Monas yang rencananya dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juni 2020, resmi ditunda atas permintaan langsung dari .
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:40:21 WIB

    Jeritan Hati Perawat, Berharap THR Segera Dibayarkan

    Jeritan Hati Perawat, Berharap THR Segera Dibayarkan HARIANHALUAN.COM -- Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berharap ada tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri untuk para perawat. Sebab THR adalah hak perawat..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]