P4 Disebut Harus Masuk Kurikulum Sekolah Kembali


Sabtu, 11 Juli 2020 - 23:51:20 WIB
P4 Disebut Harus Masuk Kurikulum Sekolah Kembali Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Stefanus B.A.N. Liow memandang perlu Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) masuk dalam kurikulum sekolah.

"Saya setuju P4 masuk kembali dalam muatan kurikulum secara berjenjang, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi," kata anggota DPD RI asal Daerah Pemilihan Sulawesi Utara (Dapil Sulut) ini di Manado, Sabtu (11/7). Upaya mendorong P4 masuk dalam kurikulum, menurut Stefanus, terbuka setelah perubahan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pentingnya P4 masuk dalam kurikulum pendidikan, lanjut dia, karena beberapa pertimbangan, di antaranya mengingatkan kembali pentingnya menjunjung nilai luhur moral Pancasila mulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara."Ketika nilai-nilai moral itu mampu diwujudkan, kita bisa mengajak anak-anak, bahkan masyarakat, menghormati satu dengan lainnya," katanya.

Ketika muncul nilai-nilai moral itu, akan muncul juga rasa saling menghormati antarpemeluk agama, tidak melakukan ujaran kebencian, tidak berseteru, serta menjunjung nilai demokrasi. "P4 juga akan mendorong masyarakat berlaku adil dengan sesamanya," katanya menandaskan.

Ia menegaskan bahwa DPD RI sebagai bagian dari lembaga MPR RI akan mendorong P4 masuk dalam kurikulum pendidikan.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 11:20:05 WIB

    205 Siswa SMAN 10 Sijunjung Diberi Pemahaman P4GN

    205 Siswa SMAN 10 Sijunjung Diberi Pemahaman P4GN SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 205 peserta didik baru di SMAN 10 Sijunjung mengikuti paparan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diprakarsai oleh pihak sekolah bekerja sa.
  • Kamis, 14 September 2017 - 02:11:00 WIB

    7 Mahasiswa UBH Ikuti Sosialisasi P4GN

    7 Mahasiswa UBH Ikuti Sosialisasi P4GN PADANG, HALUAN - Sejumlah mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Masyarakat dan Pela.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]