Permudah Pengurusan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Padang Hadirkan Sistem Online


Ahad, 12 Juli 2020 - 06:04:15 WIB
Permudah Pengurusan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Padang Hadirkan Sistem Online Warga Kota Padang tampak tengah mengurus surat kependudukan, di depan Kantor Catatan Kependudukan Kota Padang.

HARIANHALUAN.COM - Sejak hadirnya sistem online, masyarakat Kota Padang, yang hendak mengurus surat-surat kependudukan tak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang. Pasalnya, Segala macam surat dan dokumen kependudukan bisa selesai dalam waktu satu hari.

Kepala Disdukcapil Kota Padang, Muji Susilawati, mengatakan, bahwa mengurus surat-surat bisa lewat email saja. Selain itu, masyarakat bisa mengakses secara online, menggunakan email dengan syarat yang telah disediakan.

"Jika jaringan bagus, dan perangkat standby maka dalam sehari bisa selesai. Jika ada kendala paling lama itu dua hari siap. Kecuali pembuatan KTP agak lama karena fisik dan harus dijemput ke kantor capil," katanya, baru-baru ini.

Dijelaskannya, untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, bisa langsung di print sendiri setelah berhasil melakukan aksesnya. Hasil print dinyatakan sah karena sudah ditanda tangani melalui barcode.

"Caranya, Akses online.disdukcapil.padang.go.id dan jika prosesnya selesai, silakan masyarakat print sendiri karena itu sudah sah. Namun untuk KTP bersifat fisik jemput ke kantor dengan ketentuan yang sudah kami atur," jelasnya.

Terkait pengambilan KTP yang dilihat masih berdesakan, ia menyebutkan akan berkoordinasi dengan kelurahan. Supaya masyarakat tidak hanya menjemput ke Disdukcapil saja, namun bisa ke kelurahan masing-masing.

"Pekan depan kami akan turun ke kelurahan untuk membicarakan soal pengambilan KTP ini. Supaya yang saat ini masih berdesakan mengambil KTP bisa diminimalisir. Padahal sudah kami umumkan dan tentukan dalam satu jam ada 10 orang yang bisa mengambil. Hal itu untuk menghindari kerumunan. Namun pada kenyataannya masih berdesakan tidak sesuai dengan jadwal jam nya," ujarnya.

Salah seorang warga Kota Padang, Armen (49), mengaku, belum mengetahui adanya sistem online di Disdukcapil. Namun demikian ia adanya sistem tersebut, maka dapat mempermudah masyarakat.

“Tanggapan saya sangat bagus sekali, karena dapat mempermudah masyarakat, dan masyarakat tidak perlu lagi datang kesini,”pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 September 2017 - 02:36:16 WIB
    JEMBATAN PENGHUBUNG SEGERA DIBANGUN

    Akses Menuju Shelter Dipermudah

    PADANG, HALUAN--Kota Padang berada tepat di pinggir Samudera Hindia. Rawan bencana seperti banjir, gempa, dan lainnya. Agar warga tetap merasa nyaman dan terselamatkan jika terjadi bencana, Padang membangun banyak shelter..
  • Senin, 20 Maret 2017 - 09:31:32 WIB

    Aplikasi Digital Permudah Pekerjaan Pemko

    PADANG,HALUAN—Saat ini Pemerintah Kota Padang sedang fokus menuju Padang Smart City. Sehingga mau tidak mau, sistem kerja yang manual akan dirubah sedikit demi sedkit kearah penggunaan aplikasi digital..
  • Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:19:48 WIB

    Layanan SMS Permudah Warga Urus Akta Kelahiran

    Layanan SMS Permudah Warga Urus Akta Kelahiran PADANG, HALUAN — Se­jak diluncurkan pada 2009 lalu, jumlah tempat bersalin yang menggunakan layanan SMS Disdukcapil sudah mencapai 27 unit. Layanan SMS Disduk­capil itu sendiri, bertujuan untuk mempermudah warga dalam men.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 12:12:13 WIB

    Permudah Akses ke Inpres II, Satu Tangga Segera Dibangun

    PADANG, HALUAN — Akses jalan untuk mempermudah pengunjung datang ke Inpres II Lantai 2 Pasar Raya Padang sudah mendapatkan titik terang.Dinas Pasar Kota Padang yang rencananya akan me­nambah sebanyak empat tang­ga di bang.
  • Ahad, 08 November 2015 - 20:08:57 WIB

    Petani Harus Dipermudah

    PENGURUSAN SERTIFIKASI BENIH

    PADANG, HALUAN — Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penopang perekonomian di Indonesia. Sektor pertanian juga merupakan sektor penciptaan nilai dan varietas.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]