Bawaslu Sumbar Warning ASN Harus Netral di Pilkada Sumbar


Ahad, 12 Juli 2020 - 06:09:45 WIB
Bawaslu Sumbar Warning ASN Harus Netral di Pilkada Sumbar Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen. Dok utusanindo

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar merespon Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) dan menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan diri dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan segera dimulai kembali.

Pasalnya, berdasarkan Perppu Pilkada sudah diteken Presiden Jokowi, menggeser pelaksanaan pemungutan suara dari 23 September 2020 ke Desember 2020.

Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen mengatakan, adanya upaya mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama Pilkada serentak 2020 ini. Bawaslu melihat banyaknya kandidat dari petahana yang akan ikut kontestasi pemilihan kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Kita memastikan ASN tidak melakukan tindakan yang menyalahai ketentuan UU berkaitan dengan netralitas ASN. Dan kalau ada ASN yang melanggar maka tentu Bawaslu akan menindaklanjuti sesuai ketentuan UU," kata Surya saat dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu malam (11/7/2020).

Jika berkaca dari Pilpres dan Pileg 2019 silam, kata Surya, terdapat 27 orang ASN dari berbagai posisi dan jabatan terbukti melakukan pelanggaran atau tidak menjaga netralitas selama Pemilu. Dimana 27 ASN telah terbukti tak netral dan telah mendapatkan sanksi dari Komisi ASN dalam berbagai level.

"Kalau dalam Pilkada 2020 sudah 17 pelanggaran netralitas ASN di Sumbar yang direkomendasikan ke KASN dan sudah 16 diantaranya dinyatakan oleh KASN pelanggaran. Sedangkan dalam Pemilu 2019 ada 27 pelanggaran Netralitas ASN yang direkomendasikan ke KASN," ujar Surya.

Bawaslu, kata Surya, hanya akan menjalankan tugas untuk mengawasi dan memberikan rekomendasi kepada atasan ASN, TNI atau Polri. Nantinya rekomendasi usai pemeriksaan Bawaslu ini akan diberikan kepada Komisi ASN untuk ASN yang tidak netral, kepada Panglima TNI untuk personel TNI yang tidak netral dan kepada Kapolri untuk anggota Polri yang tidak netral.

Surya mengimbau, supaya seluruh perangkat negara yakni ASN, TNI dan Polri menjaga netralitas selama Pilkada. Walau Pilkada Sumbar merupakan salah satu Pilkada terbesar dalam Pilkada serentak di Indonesia tahun ini, Surya berharap, para ASN, TNI dan Polri tetap menjalan tugas sesuai fungsi masing-masing dalam melayani masyarakat secara umum.

"Kami imbau pada ASN, termasuk TNI, Polri, untuk tetap melakukan fungsi sebagai ASN dan netral selama Pilkada," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]