I Like Doweb


Ahad, 12 Juli 2020 - 06:17:38 WIB
I Like Doweb H. Candrianto, ST.M.Pd.IPM.CSE, Dosen Politeknik ATI Padang.

Mulai pandemi Covid 19 ada di Indonesia sampai dengan era new normal saat ini, pada umumnya Dosen bekerja di rumah atau istilah kerennya WFH. Selain memberikan materi kuliah melalui Daring, Dosen juga disibukkan dengan kegiatan yang yang cukup familiar di dunia pendidikan dengan apa yang disebutkan dengan Webinar.

Oleh : H. Candrianto, ST.M.Pd.IPM.CSE
Dosen Politeknik ATI Padang

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar atau presentasi, pengajaran atau workshop yang dilakukan secara online atau melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Misalnya, pertemuan atau meeting tatap muka secara online yang disampaikan melalui media internet yang dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi berbeda-beda.

Tekniknya, dalam seminar memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Sederhananya, melalui webinar ini, Dosen produktif dengan berinteraksi langsung melalui gambar (video) ataupun text (chat). Menurut saya yang sedang melakukan penelitian saat ini, umumnya peserta mengikuti kegiatan webinar dari rumah atau kos yaitu sebesar 82,5%, dari kantor atau kampus 16 % dan sisanya 1,5% mengikuti webinar melalui warnet, area publik lainnya.

Kondisi ini menunjukkan bahwa kebijakan bekerja dan belajar dari rumah mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitasnya di rumah atau tempat tinggalnya masing-masing dan akan bekerja dari kantor atau kampus jika memang tidak bisa dikerjakan di rumah. Seperti di Kampus Saya, Politeknik ATI Padang, Kementerian Perindustrian, Pihak kampus memastikan kegiatan akademik tetap berjalan baik melalui pembelajaran daring bagi mahasiswa dan kegiatan akademik lainnya yang sebagian diselenggarakan melalui webinar.

Webinar tersebut menjadi sarana efektif dosen produktif, pasalnya seminar virtual ini diadakan sebanyak lima sesi yang berlangsung selama masa pandemic Covid 19 dan era new normal. Narasumber berasal dari para dosen, praktisi, dunia industri, tokoh-tokoh berpengaruh, motivator maupun para ahli dari luar kampus dengan pilihan tema sesuai dengan keahlian masing-masing.

Webinar ini dapat diikuti seluruh mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun masyarakat luas. Jadi, jangan hanya tinggal dan duduk diam di rumah menikmati waktu luang tanpa ada hasil, tapi isilah dengan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya dengan menggelar webinar, minimal manfaat yang diberikan terjalinnya silaturahmi meski lewat dunia maya.

Why, I Like DOWEB

Dosen yang suka dan sering mengikuti Webinar, menurut saya manfaatnya banyak sekali seperti (1) kita dapat berinteraksi dengan banyak orang termasuk sesama profesi, wirausaha sukses, motivator dan orang-orang hebat lainnya, (2) kita dapat belajar langsung dengan para ahli serta dapat memutar kembali isi webinar, (3) kita hemat biaya dan tenaga, dimana tidak perlu keluar rumah saat mengikuti webinar, tidak perlu keluar ongkos transportasi akan tetapi cukup dengan membeli kuota internet serta memili koneksi internet yang stabil, (4) mempersiapkan diri untuk naik pangkat sesuai dengan jabatan Dosen, dalam hal mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti sertifikat dan lain sebagainya.

HOW, I Like DOWEB

Untuk memastikan kita dapat mengikuti webinar, informasinya dapat kita peroleh melalui media sosial seperti facebook, Instagram, WhatsApp, ikatan profesi, perkumpulan, asosisasi bahkan bisa melalui face to face sesama dosen.

Hal-hal yang harus kita lakukan seperti 1) melakukan pendaftaran webinar sesuai dengan link dan biasanya saat mendaftar peserta dimintai data berupa nama, alamat email, institusi dan nomor handphone, 2) Catat link webinar, usai melakukan pendaftaran, karena link ini digunakan sebagia pintu masuk pada saat webinar berlangsung dan juga mendapatkannya melalui konfirfmasi lewat email, 3) Catat tanggal dan jamnya, pastikan kita sudah membuat reminder jadwal webinar di smartphone agar tidak lupa ataupun melalui notebook khusus, 4) pastikan kita online di tanggal dan jam webinar berlangsung, dengan cara klik link webinar yang sudah kita dapatkan melalui email, 5) pastikan kuota internet dan batrei leptop kita aman untuk mengikuti webinar hingga selesai.

Ditengah perjalanan webinar, jangan lupa kita untuk memberikan konstribusi berupa pertanyaan atas ilmu yang sudah kita dapatkan apabila ada keraguan terhadap materi yang disampaikan oleh nara sumber,5) jangan lupa link sertifikat untuk membuktikan bahwa kita sudah mengikuti webinar guna mendapatkan sertifikat dan materi.

Sebagai seorang dosen, melalui kegiatan webinar utamanya sangat penting sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran (knowldege sharing) serta meningkatkan kompetensi antara dosen dan akademisi terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan terutama pada kondisi saat ini, sehingga perlu adanya masukan dalam pengembangan wawasan termasuk desain dan proses pembelajaran. (**)

loading...
 Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 10:52:20 WIB

    Perguruan Thawalib dan Muhammadiyah

    Perguruan Thawalib dan Muhammadiyah LELAKI kelahiran 25 Februari 1958 itu, memasuki areal komplek Perguruan Thawalib yang terletak di Jalan Abd Hamid Hakim, kota Padang Panjang,  sehabis shalat Jumat. Setelah singah sejenak di ruangan kantor yayasan, maka lang.
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 12:37:14 WIB

    Menemukan Professional Minangkabau

    Menemukan Professional Minangkabau HARIANHALUAN.COM - Dahulu, orang tua kita di kampung selalu memarahi kalau terlalu asik bermain video game. Bahkan setelah menjadi orang tua, kebiasaan tersebut tanpa sengaja terwariskan. Kadang, seorang istri "memiuah" pusar.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 14:02:43 WIB

    Pahala Memuliakan Tamu: Seribu Rahmah dan Seribu Berkah

    Pahala Memuliakan Tamu: Seribu Rahmah dan Seribu Berkah Salah satu karakteristik penting dalam masyarakat Islam yang terbuka adalah memuliakan tamu. Memuliakan tamu merupakan cermin penghargaan Islam terhadap hak-hak individu dan sosial. Karena itu Nabi SAW memberi justifikasi, ‚Ä.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 19:57:32 WIB

    Politik Saling Tikam

    Politik Saling Tikam Mendengar kata tikam, mengingatkan pada sejarah panjang dari Datuak Parpatiah Nan Sabatang dan Datuak Katumangguangan. Dua pemuncak adat dari Bodi Chaniago dan Koto Piliang yang memiliki perbedaan dalam menentukan sistem kepe.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 08:08:59 WIB

    Perilaku Oknum ASN Tak Netral Ancam Kualitas Pilkada Serentak di Pasaman

    Perilaku Oknum ASN Tak Netral Ancam Kualitas Pilkada Serentak di Pasaman Jelang pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Pasaman, Sumatera pada Pilkada Serentak 2020, semakin menunjukkan peningkatan eskalasi dengan mulai bermunculannya manuver politik antara partai-partai pengusung dalam.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]