Hadapi Ancaman China, Jepang Beli Ratusan Jet Siluman AS


Ahad, 12 Juli 2020 - 06:44:52 WIB
Hadapi Ancaman China, Jepang Beli Ratusan Jet Siluman AS Jet tempur Amerika Serikat (AS), F-35 Lightning II. Foto: New York Times

HARIANHALUAN.COM – Tak cuma Taiwan yang bakal disuplai senjata canggih oleh Amerika Serikat (AS), ratusan jet tempur siluman Negeri Paman Sam juga akan dimiliki oleh Jepang. Kedua sekutu Amerika di Asia membeli alat utama sistem persenjataan, demi menangkal ancaman yang terus ditunjukkan Partai Komunis China (CPC).

Dalam berita sebelumnya, Taiwan disebut siap menggelontorkan dana besar untuk membeli rudal sistem pertahanan udara Patriot Advanced Capablity-3 (PAC-3). 

Menurut laporan yang dikutip dari VIVA Militer dari Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan menebus rudal Patriot dengan dana sebesar US$620 juta, atau setara dengan Rp8,9 triliun.

Ternyata, bukan cuma Taiwan yang mengeluarkan dana besar untuk belanja senjata pada Amerika. Menurut laporan Global Times yang dikutip VIVA Militer, Jepang juga bakal mendatangkan ratusan jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Data tersebut mengungkap bahwa Kementerian Pertahanan Jepang akan membeli 105 unit F-35 Lightning II, dengan dana sebesar US$23 miliar, atau senilai dengan Rp332 triliun.

Sebuah dugaan pun muncul dari pakar pertahanan dari Universitas Luar Negeri China, Profesor Li Haidong. Dalam pandangannya, Li menyiratkan bahwa Taiwan dan Jepang sadar betul dengan kekuatan militer China dan merupakan sebuah ancaman. 

Li juga membaca, dengan menjual senjata-senjata canggihnya Amerika punya strategi khusus untuk menjinakkan China.

"Hal khusus tentang tahun ini adalah, persepsi Amerika tentang ancaman China lebih mendesak daripada tahun-tahun sebelumnya. Fakta bahwa pengaturan penjualan senjata Amerika, sesuai jadwal di tengah pandemi. Ini menunjukkan bahwa Amerika mempercepat rencananya untuk mengendalikan China," ujar Li kepada Global Times.

Selain itu Li juga meyakini, dengan menjual senjata Amerika punya kans yang besar untuk meningkatkan ancaman kepada China lewat Taiwan dan Jepang.

"Di masa depan, Amerika dapat memperluas penjualan senjatanya ke Jepang dan Taiwan. Untuk mencapai apa yang diyakini Amerika untuk menghambat perkembangan militer China," kata Li. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]