3 Oknum Pilot Tertangkap Nyabu, Dirut Garuda: Sanksi PHK Menanti


Ahad, 12 Juli 2020 - 07:45:43 WIB
3 Oknum Pilot Tertangkap Nyabu, Dirut Garuda: Sanksi PHK Menanti Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Maskapai penerbangan akan menindak tegas oknum pilot yang kedapatan menyalahgunakan narkoba. Hal ini dilakukan menyusul ada tiga oknum pilot yang tertangkap akibat mengonsumsi sabu. Ketiga pilot tersebut mengaku menggunakan sabu untuk meningkatkan konsentrasi.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan dengan adanya oknum pilot yang ditangkap oleh kepolisian, saat ini maskapai sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami sampaikan saat ini kami turut melakukan penelusuran lebih lanjut atas hal tersebut," kata Irfan dalam keterangan resmi, Sabtu (11/7/2020).

Dia mengungkapkan Garuda Indonesia secara berkala melakukan pemeriksaan narkoba kepada seluruh pegawai. Perseroan pun tak segan-segan memecat karyawannya yang terbukti menggunakan narkotika.

"Garuda Indonesia tidak memberikan toleransi terhadap karyawan yang terbukti menyalahgunakan narkotika dan siap menerapkan sanksi tegas berupa pemutusan hubungan kerja," sebutnya.

"Hal ini dilakukan sebagai cara untuk mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja sekaligus untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengguna jasa Garuda Indonesia," lanjutnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara menyikapi penangkapan tiga pilot karena kasus narkoba. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menegaskan operator penerbangan untuk terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba serta melakukan tes narkoba kepada para personilnya.

Selain itu, Novie memastikan tidak akan sedikitpun melindungi personil maskapai yang tersandung kasus narkoba.

"Personil penerbangan yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba tidak akan mendapat perlindungan dari Kementerian Perhubungan. Kami berkomitmen penuh dalam pemberantasan narkoba, demi terwujudnya penerbangan di Indonesia yang selamat, aman, dan nyaman," tutur Novie, dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (11/7/2020).

Pemerintah juga terus menerus mewujudkan penerbangan di Indonesia bebas dari penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Salah satu wujud komitmen itu melakukan tes narkoba atau RUN (Rapid Urine Napza) secara random dilakukan di bandara seluruh Indonesia.

Novie menambahkan, Kementerian Perhubungan tidak akan mengintervensi proses hukum yang dilaksanakan pihak Kepolisian terhadap para pilot yang diduga terlibat dalam penggunaan narkoba.

"Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak kepolisian.

"Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengapresiasi kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba, khususnya yang dilakukan oleh pilot ataupun personil penerbangan. Saya pastikan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Perhubungan Udara tidak akan mengintervensi. Kami menyerahkan pengusutan dan penanganannya kepada pihak Polri sesuai aturan hukum yang berlaku," tutur Novie. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 18:52:42 WIB

    Hotspot di Sumatera Meningkat Tajam, Ada 234 Titik

    Hotspot di Sumatera Meningkat Tajam, Ada 234 Titik HARIANHALUAN.COM - Hotspot atau titik panas kembali terjadi peningkatan di Pulau Sumatera. Per hari ini, Sabtu (8/8/2020), tercatat ada 234 titik, 46 diantaranya berada di Riau..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:54:14 WIB

    Buat Para PNS, Sudah Siap Terima Gaji 13 Besok?

    Buat Para PNS, Sudah Siap Terima Gaji 13 Besok? HARIANHALUAN.COM - Sudah dipastikan para pegawai negeri sipil (PNS) akan terima gaji ke-13 besok, Senin (10/8). Pencairan gaji 13 ini sempat ditunda yang biasanya diberikan Juli setiap tahunnya..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:35:22 WIB

    Ini Para Penerima Gaji ke-13 PNS yang Cair Besok!

    Ini Para Penerima Gaji ke-13 PNS yang Cair Besok! HARIANHALUAN.COM - Gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) akan cair pada Senin (10/8/2020) ini..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 10:59:40 WIB

    Calon Tunggal di 31 Daerah Berpontensi Hadapi Kotak Kosong 

    Calon Tunggal di 31 Daerah Berpontensi Hadapi Kotak Kosong  HARIANHALUAN.COM - Sejumlah calon tunggal di 31 daerah diprediksi berpotensi melawan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang. .
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 10:21:05 WIB

    Hore! Gaji ke-13 PNS Akhirnya Cair Besok

    Hore! Gaji ke-13 PNS Akhirnya Cair Besok HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi para PNS, pemerintah memastikan pencairan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dilakukan Senin 10 Agustus 2020 atau esok hari. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]