Ini Deretan Mobil Lawas yang Bisa Dijadikan Investasi, Harganya Naik Terus


Ahad, 12 Juli 2020 - 07:55:27 WIB
Ini Deretan Mobil Lawas yang Bisa Dijadikan Investasi, Harganya Naik Terus Deretan mobil lawas milik para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pecinta otomotif berusaha tidak melewatkan kesempatan memiliki mobil impian, tidak terkecuali mobil lawas. Tingginya minat para penggemar maupun kolektor membuat harga mobil-mobil lawas favorit jadi tidak jelas. 

Bahkan, beberapa mobil dengan tipe langka atau kondisi nyaris sempurna akan dijual dengan harga tinggi. Seperti yang dikatakan pemilik showroom mobil lawas Kedai Built Up di Bekasi yang mengatakan, harga mobil lawas di pasaran sangat bervariatif, tidak ada patokan yang jelas. 

“Investasi tidak hanya pada emas. Simpel saja, mobil built up, mobil retro tahun 70-an atau 80-an itu akan naik,” ujar Helmie kepada Kompas.com. 

Akan tetapi, menurut Helmie tidak semua mobil lawas bisa dijadikan sebagai investasi mobil. Mobil yang memiliki kriteria tertentu saja yang harganya bisa sangat tinggi bahkan mencapai ratusan juta rupiah. 

Berikut beberapa daftar mobil lawas yang harganya terus naik di pasaran: 

1. Honda Civic Generasi 5 dan 6 Lihat Foto Honda Civic Estilo(Otomotifnet.com/Kyn) Mobil bekas yang diproduksi tahun 1990-an ini masih memiliki tempat di hati konsumen otomotif. 

Hal ini terbukti dengan kehadiran eksistensi klub-klub mobil Honda Civic gen 5 atau yang kerap disebut Genio dan gen 6 alias Estilo di Indonesia. 

Sedan Honda Genio dan Estilo memiliki kelebihan utama yaitu bertenaga besar karena telah menggunakan teknologi VTEC. 

Tidak hanya itu, bodi dan kedua lampu ini juga memiliki tampilan trendi bahkan untuk zaman modern seperti saat ini. 

Harga yang dipatok untuk kedua mobil bekas ini tidak main-main, yaitu berkisar Rp 250 jutaan. 

2. Toyota FJ40 L

FJ40 menjadi jawaban Toyota atas eksistensi Jeekp CJ. SUV yang disebut sebagai Hardtop di Indonesia ini memiliki kemampuan mempuni melahap medan kasar. 

FJ40 ini didukung dengan mesin 6 silinder segaris dengan transfer case dan as roda yang kuat. Meski sederhana, kemampuan mesin ini dikatakan mampu menandingi Jeep bermesin V8. 

Berdasarkan penelusuran dari situs jual beli online, mobil bekas tahun 1986 ini dibanderol dengan harga fantastis yaitu Rp 250 juta. 

3. Toyota Starlet Kapsul Lihat Foto 

Toyota Starlet memang layak disebut sebagai hatchback terlaris di Indoensia. Sejatinya Starlet dibekali dua tipe mesin, 1.0L dan 1.3L dengan karburator. Keduanya juga dijual dalam transmisi manual di Indonesia. 

Harga mobil bekas Toyota Starlet untuk tahun 1997 saat ini berkisar Rp 125 jutaan. 

4. BMW Seri 3 E63 

Mobil bekas langka yang masih banyak diminati salah satunya adalah BMW Seri 3 E63 keluaran tahun 1991. Mobil ini memiliki eksterior yang terkesan elegan dan sporty. Di Indonesia sendiri, peminat BMW Seri 3 E63 cukup banyak. 

Meski harganya tidak sefantastis tiga mobil bekas sebelumnya, namun mobil ini masih memiliki kisaran harga tinggi. Untuk tahun 1997 mobil ini dibanderol dengan harga Rp 90 jutaan. 

5. Corolla DX 

Desain dari Corolla DX ini dinilai masih memberikan kesan kaku, dan menjadi salah satu ikon mobil keren pada 1980-an. 

Mobil ini cukup banyak diminati oleh konsumen otomotif karena mudah untuk memodifikasinya, baik dibuat gaya rally ataupun retro. Kisaran harga mobil bekas ini untuk tahun 1986 masih dibanderol dengan harga Rp 80 jutaan. (*)

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]