Melihat Perbedaan Fenomena Gerhana Matahari Total hingga Annular


Ahad, 12 Juli 2020 - 08:49:26 WIB
Melihat Perbedaan Fenomena Gerhana Matahari Total hingga Annular (Foto: Business Insider)

HARIANHALUAN.COM - Setiap tahun gerhana Matahari terjadi antara 2 dan 5 kali, tergantung pada geometri Matahari, Bulan dan Bumi. Gerhana Matahari sendiri adalah peristiwa alami yang terjadi ketika Bulan bergerak dalam orbitnya antara Bumi dan Matahari (dikenal sebagai okultasi), mengutip Space Facts.

Selama gerhana, bayangan Bulan (terbagi menjadi dua bagian: umbra gelap dan penumbra yang lebih terang) bergerak melintasi permukaan Bumi.

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan sepenuhnya memblokir cakram Matahari. Sehingga Bulan melemparkan bayangannya yang paling gelap (umbra) disebut “zona totalitas”.

Sebuah fenomena yang disebut “Bailey’s Beads” sering muncul ketika sinar matahari bersinar melalui celah di permukaan Bulan. Gerhana matahari total bisa bertahan hingga 7,5 menit.

Pada zaman ini orbit Bulan akan terus melebar, dan mungkin dalam 600 juta tahun, gerhana matahari total tidak akan terjadi lagi.

Gerhana Matahari Annular

Gerhana Matahari Annular terjadi ketika Bulan berada lebih jauh dalam orbit dari biasanya, hanya sedikit bagian yang menutupi cakram Matahari. “Annular” berasal dari kata latin “annulus” yang berarti “cincin”.

Gerhana ini akan menampilkan cincin cahaya Matahari yang bersinar di sekitar Bulan. Periode annularity ini berlangsung selama 5 atau 6 menit bahkan hingga 12 menit. Peristiwa ini juga membutuhkan kacamata khusus untuk melihatnya.

Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana Matahari Sebagian terjadi ketika Bumi bergerak melalui penumbra bulan saat Bulan bergerak antara Bumi dan Matahari. Tergantung dari lokasi Anda, mungkin akan terlihat sepotong kecil Matahari yang terhapus menjadi gerhana yang hampir total.

Seperti fenomena gerhana lainnya, gerhana matahari sebagian juga membutuhkan filter khusus bagi Anda yang ingin melihatnya. (*)

loading...
 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:04:45 WIB

    Begini Cara Burung Melihat Dunia, Manusia Kalah Telak!

    Begini Cara Burung Melihat Dunia, Manusia Kalah Telak! SAINS, HARIANHALUAN.COM -- Sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu, insting hewan yang tajam bisa dimanfaatkan manusia untuk mendeteksi bahaya atau dipergunakan untuk membantu mereka di kehidupan sehari-hari. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]