Waspada, 3 Penyakit yang Bisa Menular dari Hewan Peliharaan


Ahad, 12 Juli 2020 - 10:20:44 WIB
Waspada, 3 Penyakit yang Bisa Menular dari Hewan Peliharaan Hewan piaraan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penularan penyakit dari hewan ke manusia dan sebaliknya bisa terjadi. Terutama bagi para pecinta hewan, setidaknya ada tiga penyakit zoonotik dari hewan peliharaan yang perlu kamu tahu dan waspadai:

1. Rabies

Rabies merupakan penyakit karena virus yang menyebabkan peradangan pada otak manusia dan mamalia. Penyakit ini kebanyakan ditularkan oleh hewan anjing.

Penularan rabies terhadap manusia bisa terjadi lewat gigitan, cakaran, dan paparan air liur. Gejala dari rabies anjing bisa dilihat dari perilakunya yang cenderung lebih agresif, suka mengamuk, berbusa di sudut mulut, suara serak bahkan tidak mampu untuk menggonggong.

2. Toxoplasmosis

Toxoplasmosis merupakan penyakit dari hewan yang disebabkan karena parasit Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini seringkali ditemukan pada kucing. Permasalahannya, kebanyakan kucing yang terinfeksi T.gondii tidak menunjukkan gejala penyakit.

Seseorang yang terinfeksi parasit ini bisa mengalami gejala demam, kehilangan nafsu makan, dan mengalami kelesuan.

3. Leptospirosis

Leptospira merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri Leptospira dari hewan liar atau peliharaan. Baik kucing, anjing, tikus, dan sapi dapat terkontaminasi oleh bakteri ini. 

Jika manusia memakan daging sapi yang terkena leptospira, berkontak langsung dengan kucing dan anjing liar, atau membiarkan rumah dikotori oleh tikus, maka sangat berpotensi untuk mengalami penyakit ini.

Salah satu upaya untuk menghindari penyakit Zoonosis, pastikan hewan peliharaanmu mendapat cek kesehatan sebanyak dua kali dalam setahun, hindari mencium hewan dan membiarkannya menjilat wajahmu, serta selalu menjaga kebersihan. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 22:15:26 WIB

    Corona Menular Lewat Udara: Pengendara Mobil Tetap Waspada, Buka Sedikit Kaca

    Corona Menular Lewat Udara: Pengendara Mobil Tetap Waspada, Buka Sedikit Kaca HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona masih cukup mengkhawatirkan bahkan kini penularan dikatakan bisa melalui udara. Untuk para pengendara mobil juga diingatkan agar tetap waspada jangan merasa aman karena berada dalam kab.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 14:16:05 WIB

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG HARIANHALUAN.COM - Sebuah studi baru memperlihatkan lebih dari 80 persen orang di bawah usia 20 tahun kemungkinan tidak menunjukkan gejala tertular SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 atau termasuk dalam kelompok Orang Tanpa .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 06:21:41 WIB

    Waspada, Jamur Enoki dari Korsel Picu Wabah Listeria, Amankah Indonesia?

    Waspada, Jamur Enoki dari Korsel Picu Wabah Listeria, Amankah Indonesia? HARIANHALUAN.COM - Jamur enoki kini jadi perhatian karena dikaitkan dengan wabah listeria di beberapa negara. Dikutip dari detik.com, Jumat (26/6/2020), di Amerika Serikat sudah ada empat orang yang meninggal dan 31 dirawat .
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 09:14:53 WIB

    Waspada, Ini Tiga Kelompok yang Rentan Terinfeksi Corona

    Waspada, Ini Tiga Kelompok yang Rentan Terinfeksi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona jenis baru 2019-nCoV yang menyebabkan wabah pneumonia di Wuhan, Cina, memang dapat menyerang siapa saja. Akan tetapi, ada beberapa kelompok yang dinilai lebih rentan terhadap ancaman v.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]