Sejumlah Tanaman Milik Warga Masuk Sungai Tergerus Erosi Batang Nareh


Ahad, 12 Juli 2020 - 14:07:35 WIB
Sejumlah Tanaman Milik Warga Masuk Sungai Tergerus Erosi Batang Nareh Kondisi erosi batang nareh yang membawa tanaman masyarakat masuk ke sungai tersebut. Trisnaldi

HARIANHALUAN.COM - Satu persatu tanaman warga seperti pohon kelapa, sawit dan sejumlah tanaman lainnya, masuk ke dalam sungai akibat gerusan erosi aliran batang nareh, diantaranya di kawasan Nagari Campago Barat.

Terpantau harianhaluan.com, Minggu (12/7-2020) kondisi demikian tampak jelas secara kasat mata dari atas jembatan Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Pohon-pohon yang telah rebah dan masuk ke dalam aliran sungai, karena tanah tempat tumbuh tanamana digerus erosi.

Tanaman itu milik warga setempat yang ditanaman di kebun mereka yang kian waktu kian terancam gerusan erosi.

Bahagian pinggir tebing batang nareh tersebut belum tersentuh talud permanen penahan tebing, masih alami.

Wali Nagari Campago Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Junaidi terkait erosi batang nareh di wilayahnya mengatakan, memang kondisinya demikian adanya.

Paling menonjol gerusan tebing terjadi ketika debit air meningkat dan arus bertambah deras, tebing pinggir sungai banyak yang runtuh.

Upaya dari nagari sudah dilakukan sejak tahun 2018 dengan memasukan proposal ke Balai Sungai Wilayah V PUPR Provinsi Sumbar untuk penangananya namun sampai kini masih menunggu realisasinya.

"Kita lihatlah nanti, apakah bisa dilaksanakan untuk penanganan erosi di batang nareh dari balai tersebut, jika belum, tentu diupayakan lagi tahun depan dengan proposal yang baru, kata Wali Nagari Campago Barat, Junaidi. (*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]