NASA Lagi Sibuk Jelajahi Pegunungan di Mars, Buat Nyari Apa Sih?


Ahad, 12 Juli 2020 - 14:30:53 WIB
NASA Lagi Sibuk Jelajahi Pegunungan di Mars, Buat Nyari Apa Sih? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Robot penjelajah Badan Penerbangan dan Antariksa (National Aeronautics and Space Administration/NASA), Curiosity tengah mendaki gunung di planet Mars. Misi berusia delapan tahun itu, kini berkembang ke wilayah lain di planet berdebu tersebut.

Penjelajahan di wilayah pegunungan planet Mars, dilakukan NASA untuk mempelajari lebih lanjut tentang planet ini secara keseluruhan, serta mencari tahu kehidupan mikroba di masa lampau. Penjelajah tengah mendaki Gunung Sharp yang memiliki ketinggian 5,5 kilometer.

Dari laman Space, Minggu 12 Juli 2020, gunung itu di Mars memiliki julukan unit bantalan sulfat. Sulfat sendiri biasanya terbentuk di sekitar air ketika menguap, dan sisa-sisanya akan memberi informasi mengenai permukaan Mars tiga miliar tahun yang lalu.

Pengemudi rover yang berada di Bumi akan menjaga robot untuk tetap berada di dalam lintasannya. Robot perlu memilih jalan yang aman untuk mengurangi risiko kerusakan pada roda. Meski bisa dikontrol dari Bumi, Curiosity juga memiliki kemampuan artificial intelligence (AI).

"Robot tidak dapat sepenuhnya mengemudi sendiri tanpa manusia. Namun AI yang dimiliki mampu membuat keputusan sederhana untuk menghindari batu besar atau medan yang berisiko," ujar pemimpin pengemudian rover, Matt Gildner.

Robot terakhir kali melakukan penjelajahan di unit bantalan tanah, lingkungan yang terbentuk di dalam air. Ilmuwan juga mengaku tertarik pada lingkungan campuran tanah liat dan sulfat, disebut Greenheugh pediment.

Jika berjalan sesuai rencana, robot akan sampai di unit sulfat pada akhir tahun ini. Namun bisa juga tidak sesuai rencana jika rover harus berhenti karena menemukan sesuatu yang menarik di perjalanan.

Curiosity akan merayakan hari jadinya yang kedelapan pada 6 Agustus mendatang. NASA juga tengah berencana mengirim penjelajah baru dalam waktu dekat untuk mencari sampel tanah di Kawah Jezero dan kemudian dibawa kembali ke Bumi untuk diteliti. (*)

loading...
 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 06:58:45 WIB

    Penasaran Harga Samsung Galaxy Watch 3? Ini Bocorannya

    Penasaran Harga Samsung Galaxy Watch 3? Ini Bocorannya HARIANHALUAN.COM - Untuk kamu yang ingin memiliki Samsung Galaxy Watch 3, berbahagialah. Setelah gelaran Samsung Galaxy Unpacked Rabu (5/8) lalu, Galaxy Watch 3 secara resmi diboyong ke pasar Indonesia..
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:18:32 WIB

    Penasaran Siapa Saja yang Kepoin Profil WhatsApp Kamu? Begini Caranya

    Penasaran Siapa Saja yang Kepoin Profil WhatsApp Kamu? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Di era modern ini pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp? Bahkan tak hanya digunakan kalangan anak muda, tapi juga merambah genarasi old..
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:56:57 WIB

    Oh, Ternyata Ini Tujuan NASA Kirim Robot ke Mars

    Oh, Ternyata Ini Tujuan NASA Kirim Robot ke Mars HARIANHALUAN.COM – NASA berhasil meluncurkan misi menujunya ke Planet Mars. Roket Atlas V buatan United Launch Alliance itu berhasil diluncurkan pada Kamis (30/7/2020) pukul 07:50 pagi EDT (18.50 WIB) dari Stasiun Angkatan .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 13:10:32 WIB

    Sebentar Lagi, NASA Luncurkan Misi ke Mars dengan Roket Atlas V

    Sebentar Lagi, NASA Luncurkan Misi ke Mars dengan Roket Atlas V HARIANHALUAN.COM - Sebentar lagi, NASA akan meluncurkan misi ke Mars tahun 2020 dengan roket Atlas V yang membawa Rover (robot penjelajah) Perseverance. Peluncuran ini dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (30/7) pukul 07.5.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 07:52:43 WIB

    Penampakan Helikopter NASA yang akan Mengudara di Mars

    Penampakan Helikopter NASA yang akan Mengudara di Mars HARIANHALUAN.COM - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA akan mengirimkan helikopter ke planet merah. Sebelum helikopter tersebut diluncurkan, masyarakat sudah dapat melihat seperti apa wujud kendaraan yang akan mengudara di .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]